Waspada
Waspada » Pujian Marquez Sangat Hebat
Olahraga

Pujian Marquez Sangat Hebat

Diario AS
Diario AS

MADRID (Waspada): CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta (foto kiri), memuji pembalap Repsol Honda Marc Marquez (foto kanan) sangat hebat, sehingga wajar mendominasi balapan MotoGP dalam tujuh tahun terakhir.

Dia percaya bahwa dominasi superstar berjulukan The Baby Alien alias Si Bayi Ajaib itu tak akan berdampak buruk terhadap persaingan di MotoGP. Menurutnya, itu justru dapat memotivasi pembalap lain untuk berupaya mengalahkan Marquez.

“Masa terbaik dunia olahraga apa pun adalah saat ada atlet dominan yang membuat orang lain juga ingin menang,” ucap Ezpeleta melalui Marca, Minggu (14/6).

“Jadi tak melulu negatif Marc menang dengan caranya. Terlebih mengalahkan Marc kini bagaikan sejarah, karena dia memang sangat hebat dan cepat,” puji pria kelahiran tahun 1946 di Kota Barcelona (Spanyol) tersebut.

Sejak memulai debut di kelas MotoGP pada 2013 pasca menjuarai Moto2, Si Bayi Ajaib langsung menjelma sebagai pembalap teratas. Marquez sukses enam kali merebut trofi juara dunia dengan menggeber motor Honda RC213V.

Jika ditotalkan, Jagoan Honda itu telah mengoleksi 8 gelar juara dunia balapan kelas premier, mengukir 134 podium dan merebut 95 kemenangan sepanjang karier balapnya.

“Marc orang yang gaib. Dia yang terbaik dan dia masih bisa terus melanjutkan perkembangannya,” tutur Fabio Quartararo, Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT.

“Konsistensinya di setiap musim sangatlah luar biasa. Padahal dia dulunya sering terjatuh (dari motor),” sanjung pembalap muda asal Prancis itu.

Marquez hanya butuh satu gelar juara dunia lagi untuk bisa menyandingkan dirinya dengan legenda balap MotoGP, Valentino Rossi. Jika melihat pencapaiannya dalam tujuh musim terakhir, mestinya Baby Alien yang baru berusia 27 tahun bakal dapat melampaui rekor tujuh trofi Rossi.

Menurut Quartararo, Marquez telah menetapkan standar tinggi bagi pembalap MotoGP. Dia pun merasa terinspirasi sekaligus termotivasi berlatih lebih keras lagi untuk bisa menaklukkan sang superstar.

“Marc menetapkan level dan persyaratan fisik yang sekarang berlaku di kelas MotoGP. Sebelum Marquez melakukan debut pada 2013, tidak ada yang berlatih sekeras sekarang,” jelas Quartararo.

“Marc memenangkan sepuluh balapan pertama pada 2014 dan masih berlatih keras. Lantas semua berubah, saya melihat itu ketika saya berada di Moto3,” tambah rider berumur 21 tahun itu.

Quartararo merupakan salah satu pembalap muda berbakat yang bakal menjadi rival Marquez musim ini bersama Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, Alex Marquez dan Rossi.

“Dia lebih memotivasi saya. Dua tahun lalu saya mulai berlatih dengan motorcross, karena Marc banyak melakukannya. Itu salah satu peluang pelatihan terbaik yang pernah ada,” beber Quartararo. (m08/mrc/spw)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2