PSSI Tepis Rumor PD U-20 Diundur - Waspada

PSSI Tepis Rumor PD U-20 Diundur

  • Bagikan
Antara

JAKARTA (Waspada): Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (foto), menepis rumor yang mengatakan bahwa Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Indonesia akan diundur, imbas dari masih tingginya penularan Covid-19 di seluruh dunia.

“Sampai sekarang, kami belum mendengar Piala Dunia U-20 diundur oleh FIFA. Rumornya ada, tetapi belum ada informasi ditunda,” ujar Iriawan dalam webinar, Rabu (4/11).

Iriawan mengatakan hingga saat ini FIFA belum memberikan pernyataan bahwa gelaran tersebut akan ditunda. Maka PSSI pun terus menggeber persiapan mulai dari skuad timnas maupun fasilitas pendukung.

Menurutnya, pembangunan fasilitas pendukung untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 masih sesuai agenda. Timnas U-19 pun akan diterbangkan ke luar negeri lagi untuk melakukan pemusatan latihan.

“Memang ada rumor itu dan PSSI sudah mendengarnya, tapi tidak ada informasi dari FIFA dan kami tetap melakukan persiapan dan tim tetap dalam roadmap di mana bulan depan berangkat TC,” katanya.

Mantan Kapolda Jawa Barat itu menyatakan Indonesia harus bisa menyelenggarakan Piala Dunia U-20 dengan sukses, baik di sisi pelaksanaan maupun prestasi.

Sebab, apabila mampu menjadi tuan rumah yang baik serta para pemainnya bisa menampilkan permainan gemilang, maka Indonesia akan dilirik negara lain dan tak sulit ketika mengajukan sebagai tuan rumah untuk turnamen akbar lain.

“Ini jadi momen langka bagi setiap negara yang terpilih jadi tuan rumah, akan angkat persepakbolaannya jadi ini momen kita dikenal dunia,” katanya.

Sedangkan Menpora Zainudin Amali menanggapi kabar soal agenda Piala Dunia U-20 2021 yang tak masuk dalam kalender resmi konfederasi sepakbola Asia AFC untuk 2021.

Menurut Zainudin, agenda yang masuk dalam kalender AFC untuk tahun depan merupakan agenda-agenda yang mengalami pergeseran dari tahun 2020 ke 2021.

“Apa yang beredar di masyarakat tentang agenda di AFC itu sebenarnya kalau dilihat adalah agenda-agenda yang tadinya (digelar) 2020 kemudian pindah ke 2021. Jadi kalau yang terjadwal existing di 2021 itu tidak ada masalah,” ujar Zainudin, Rabu.

AFC pada Sabtu (31/10) merilis kalender AFC untuk 2021. Di sana tidak terdapat jadwal Piala Dunia U-20 2021 yang akan berlangsung pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia. Demikian juga dengan agenda Piala Asia U-19 yang belum tercantum dalam kalender tersebut.

Berbagai spekulasi pun muncul, termasuk rumor yang mengatakan bahwa Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia akan diundur karena masih adanya kekhawatiran jika pandemi Covid-19 belum berakhir hingga tahun depan.

Menpora meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh dengan kabar yang beredar. Ia menegaskan bahwa pelaksanaan FIFA World Cup U-20 2021 hingga saat ini masih sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Sekali lagi kepada masyarakat harap tidak terpengaruh dengan berita itu dan saya tegaskan bahwa pelaksanaan kejuaraan FIFA World Cup U-20 2021 di Indonesia tetap masih sesuai dengan jadwal yang sudah disampaikan,” kata dia menegaskan. (m18/ant)

  • Bagikan