Waspada
Waspada » PSSI Tepis Isu Naturalisasi Pemain Brazil
Olahraga

PSSI Tepis Isu Naturalisasi Pemain Brazil

DUA pemain muda asal Brazil yang direkrut Arema FC, Pedro Henrique Bartoli (kiri), dan Hugo Guilherme Corre Grillo (kanan). Antara

JAKARTA (Waspada): PSSI menepis isu soal naturalisasi rombongan pemain muda Brazil yang kini sedang tersebar di beberapa klub Liga 1 2020, dari mulai Persija Jakarta, hingga Madura United.

Sudah ada lima pemain muda Brazil yang tengah mengikuti latihan bersama Persija hingga Madura United. Dua mengikuti seleksi dengan Persija, satu baru tiba di Madura United, dan dua sudah beberapa hari bersama Arema FC.

Seluruh pemain tersebut dalam usia muda dan masih bisa tampil pada Piala Dunia U-20 tahun depan yang bakal digelar di Indonesia. Hal kebetulan ini kemudian memunculkan spekulasi.

Ada kabar bahwa rombongan pemain Brazil tersebut menjadi bagian ambisius PSSI menatap Piala Dunia U-20 2021, sebagaimana mereka siap untuk melakukan naturalisasi pemain, jika memang dibutuhkan.

“Kedatangan para pemain asing muda dari Brazil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI. Itu urusan klub-klub Liga 1. Pemain yang dipanggil Timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia,” ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, Kamis (20/8).

Piala Asaia

Saat ini Timnas Indonesia U-19 yang memang menjadi tunas tim untuk Piala Dunia U-20 tengah melanjutkan pemusatan latihan (TC) di Jakarta. Shin Tae-yong fokus memoles stok pemain yang ada pada TC kali ini.

Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan bakal menjadi wadah pembuktian sekaligus evaluasi kekurangan Merah-Putih menuju Piala Dunia U-20. Timnas U-19 pun sudah punya peta program untuk menuju event akbar tersebut.

“Saat ini kami terus mengasah kemampuan pemain jelang mengikuti turnamen Piala Asia U-19. Coach Shin Tae-yong terus memberikan berbagai menu latihan kepada pemain,” ucap Indra Sjafri.

“Selanjutnya sebelum ke Piala Asia U-19 di Uzbekistan, kami akan melaksanakan TC di luar negeri terlebih dahulu,” tutup Indra, sambil belum memastikan di mana Garuda Muda akan melakukan TC luar negeri.

Seperti diketahui, beberapa hari terakhir pemain muda Brazil yang muncul pada latihan klub Liga 1 antara lain Henrique Bartoli serta Hugo Guilherme, di Arema. Lalu Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine de Lima bersama Persija.

Nama teranyar adalah Robert Junior Rodrigues Santos. Pemain ini berposisi sebagai striker dan masih 18 tahun. Robert baru tiba di Madura, Kamis (20/8), untuk dilihat kualitasnya oleh Madura United, sebelum diganjar kontrak jangka panjang. (m18/goal)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2