Waspada
Waspada » PSSI-Shin Harus Segera Akhiri Konflik
Headlines Olahraga

PSSI-Shin Harus Segera Akhiri Konflik

JAKARTA (Waspada): Pelatih kawakan Indonesia, Bambang Nurdiansyah, meminta PSSI dan Shin Tae-yong segera mengakhiri konflik.

Bambang berharap keduanya bisa kembali fokus kepada persiapan Timnas Indonesia U-19 menuju Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

Shin Tae-yong terlibat perang dingin dengan PSSI terkait pemilihan tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Shin Tae-yong berkeinginan untuk memboyong pemain ke Korea Selatan, namun PSSI tak mendukungnya.

Shin Tae-yong lantas meluapkan kekecewaannya terhadap PSSI dengan menceritakan segala permasalahan yang ada ke media Korea Selatan. Hal itu lantas membuat PSSI berang dan mengultimatum Shin Tae-yong untuk segera kembali ke Indonesia.

“Saya ingin, sudah hentikanlah konflik yang ada ini dengan mencari solusi yang terbaik. Persiapan harus jalan terus,” kata Bambang Nurdiansyah, Rabu (24/6).

Bambang Nurdiansyah berharap PSSI dan Shin Tae-yong duduk bersama dan mencari solusi terbaik. Konflik ini harus segera terselesaikan agar Timnas Indonesia U-19 bisa segera melakukan persiapan.

“Kalau untuk polemik ini, menurut saya ya sudah cari jalan terbaik. Apa yang diinginkan Shin Tae-yong dan apa yang diinginkan PSSI, dicari jalan tengahnya karena yang terpenting persiapan ini terselamatkan,” tegas eks pelatih PSIS Semarang itu.

Shin Tae-yong sebenarnya sudah melunak terkait tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 mengaku siap menggelar pemusatan latihan di mana saja.

“Paling penting buat masyarakat Indonesia adalah perkembangan tim sepakbolanya dalam mencapai prestasi. Saya memang berencana membawa Timnas U-19 ke Gyeongju dan berlatih di sana, akan tetapi sekarang saya bersedia melatih di mana saja,” tegas Shin Tae-yong.

Namun, belum diketahui kapan Shin Tae-yong dan tim kepelatihannya kembali ke Indonesia. Adapun PSSI berharap menggelar pemusatan latihan Timnas U-19 pada Juli.

RD Dukung Shin

Terpisah, Pelatih Madura United Rahmad Darmawan enggan membahas isu yang mengaitkannya dengan kemungkinan melatih Timnas Indonesia. Menunut Rahmad Darmawan, kondisi seperti sekarang tidak elok membahas penggantian pelatih.

Nama Rahmad Darmawan dan Robert Alberts ramai dibicarakan publik untuk melatih Timnas Indonesia. Dua nama itu disebut publik sangat layak menggantikan Shin Tae-yong.

“Saat ini waktunya mendukung pelatih Timnas Indonesia yang ada. Kita semua tahu kondisinya sedang gonjang ganjing saat ini, sebisa dan semaksimal mungkin kita dukung apa saja yang bisa kita lakukan, apakah itu pelatih asing atau lokal,” kata Rahmad.

Menurut pelatih yang akrab dipanggil RD itu, melatih Timnas Indonesia adalah garis tangan dari Tuhan Yang Maha Esa. Selama berkarier sebagai pelatih, RD beberapa kali dipercaya PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia U-23 maupun senior.

Bahkan RD pernah diduetkan dengan pelatih asal Brazil yang sudah lama berkarier di Indonesia, Jacksen Tiago untuk menukangi Timnas Indonesia beberapa waktu yang lalu.

“Buat saya semuanya ada garis tangannya. Hanya Allah yang tahu. Contoh, empat tahun lalu, saat saya melatih di Malaysia, saya diundang PSSI bersama dua pelatih lainnya, termasuk coach Nilmaizar presentasi calon pelatih Timnas Indonesia untuk Piala AFF,” ungkapnya.

“Tapi, akhirnya ketiganya tidak dipilih. Saat itu yang dipilih coach Alfred Riedl. Tapi, tidak masalah. Yang penting saat ini kita memberikan dukungan kepada pelatih yang ada, entah itu pelatih asing atau pelatih lokal,” ucap RD mengakhiri. (m18/bc)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2