PSSI Peringatkan AHHA PS Pati, Persiraja Sudah Memaafkan - Waspada

PSSI Peringatkan AHHA PS Pati, Persiraja Sudah Memaafkan

  • Bagikan

BANDA ACEH (Waspada): Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memberi peringatan kepada klub-klub anggotanya supaya mengajukan izin ketika ingin berujicoba. 

Hal ini dilakukan menyusul pertandingan ujicoba brutal klub Liga 1 Persiraja versus tim Liga 2 AHHA PS Pati, 6 September lalu di Jakarta.

Demikian Sektretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi seperti dikutip dari situs federasi itu, Rabu (8/9).

“PSSI menegaskan kembali kepada klub anggota yang mengadakan uji coba atau latihan bersama agar menyampaikan surat pemberitahuan atau izin kepada PSSI, Asosiasi Provinsi, Asosiasi Kota dan Asosiasi Kabupaten PSSI untuk mendapatkan rekomendasi,” ujar dia.

                                             


Yunus melanjutkan, kecuali memberikan izin, PSSI juga akan menugaskan wasit yang memimpin pertandingan. Sebab, ia tak ingin kejadian seperti yang ada di Persiraja versus AHHA PS Pati, terulang kembali.


Dalam pertandingan tersebut terdapat insiden pelanggaran keras yang dilakukan pemain AHHA PS Pati Syaiful Indra Cahya dan Zulham Zamrun. Syaiful menyepak kepala pemain Persiraja Muhammad Nadhif hingga Nadhif terkapar di lapangan dan mesti mendapatkan penanganan serius.


Kemudian, Zulham terlibat dalam keributan antarpemain setelah dirinya melakukan pelanggaran keras terhadap pemain lawan. Peristiwa tersebut mendapatkan perhatian luas termasuk dari beberapa media luar negeri. “PSSI telah berkomunikasi dengan klub agar memberikan sanksi tegas terhadap pemain seperti itu,” jelas Yunus.


Manajemen AHHA PS Pati sendiri sudah menindaklanjuti sikap para pemainnya dengan memberikan sanksi kepada Syaiful dan Zulham. Mereka dipulangkan dari pemusatan latihan tim.
AHHA PS Pati juga telah meminta maaf kepada Persiraja, begitu pula para pemain yang menjadi pelaku pelanggaran keras itu.


Manajer AHHA PS Pati Doni Setiabudi membantah tudingan pihaknya lepas tanggungjawab dalam insiden sepakbola kungfu, Senin (6/9) lalu. Ia mengatakan, klub sudah memediasi Syaiful dan Nadhiif.


Dikutip Waspada dari rilis di akun Instagram AHHA PS Pati, klubnya Atta Halilintar ini juga mengunggah pertemuan mereka dengan Persiraja. Terlihat Syaiful bersama Doni Setiabudi, menemui Nadhif dan sekretaris Persiraja. “Bisa dilihat di ofisial Instagram kami. Sudah ada statement resmi. Kami juga sudah datang dan meminta maaf (ke Persiraja),” tutur Doni seperti dilansir detikSport.


Sedangkan COO AHHA PS Pati, Divo Sashendra mengatakan, dua pemain AHHA PS Pati terpaksa dipulangkan dari pemusatan latihan di Jakarta buntut dari insiden itu. Kedua pemain yang dimaksud adalah Syaiful Indra Cahya dan Zulham Zamrun. “Keduanya kami pulangkan dari pemusatan latihan di Jakarta, karena melakukan hal yang tak pantas dicontoh,” ungkap Divo.


Pihaknya menambahkan bahwa langkah yang diambil menjadi bukti tindakan tegas manajemen agar tidak terulang lagi di kemudian hari. Di waktu yang bersamaan, Syaiful Indra Cahya ikut bertemu langsung dengan pemain Persiraja, M Nadif untuk berdamai.


“Alhamdulillah kondisi saya sudah lebih baik dibanding saat kejadian. Saya berterima kasih pada manajemen Persiraja dan manajemen AHHA PS Pati dan bang Syaiful Indra. Terima kasih atas permintaan maafnya. Saya pribadi tentunya memaafkannya,” tegas pemain Persiraja Nadif. (b04)

  • Bagikan