Waspada
Waspada » PSMS Semangat Liga 2 Mulai 17 Oktober
Olahraga PSMS Medan

PSMS Semangat Liga 2 Mulai 17 Oktober

MEDAN (Waspada): PT LIB selaku operator Liga Indonesia telah mengeluarkan jadwal penyelengaraan Kompetisi Liga 2 dalam format home tournament. Kompetisi sepakbola kasta kedua di Tanah Air ini akan kembali dimulai pada 17 Oktober 2020.

Melalui surat bernomor 261/LIB-KOM/VIII/2020 pada 6 Agustus 2020 tentang “Tindak Lanjut Kompetisi Liga 2 2020”, PT LIB memastikan bahwa Liga 2 bakal dilanjutkan mulai 17 Oktober hingga 5 Desember 2020.

“Dengan catatan bahwa jadwal tersebut akan mengikuti situasi perkembangan pandemi Covid-19,” tulis surat PT LIB yang disebarkan kepada 24 kontestan Liga 2 musim ini.

PT LIB juga mengubah format untuk lanjutan Liga 2. Penyelenggaraan nantinya memakai sistem home tournament atau round-robin meninggalkan pakem kompetisi penuh.

Selain itu, Liga 2 juga berlabel kompetisi tanpa penonton dan PT LIB berjanji akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat.

Sekum PSMS, Julius Raja, membenarkan pihaknya sudah mendat informasi terkait jadwal lanjutan Liga 2. Saat ini tinggal menunggu manager meeting terkait pembagian grup.

“Kepastian jadwal dilanjutkannya liga membuat kita semakin bersemangat dalam mempersiapkan tim melalui latihan intensif,” ujar pria akrab disapa King ini, Jumat (7/8).

Dijelaskan, PSMS terus melakukan persiapan tim secara intensif di Stadion Kebun Bunga Medan. Skuad Ayam Kinantan musim ini ditargetkan promosi ke Liga 1 musim depan.

“Demi merealisasikan target tersebut, tim sudah melakulan persiapan lebih awal, ditambah lagi sudah mendatangkan beberapa pemain berkualitas dari Liga 1 seperti Ferdinand Sinaga (PSM) dan Paulo Sitanggang (Persik),” ujar King.

Dalam lanjutan Liga 2 nanti, 24 tim peserta dibagi enam grup. Masing-masing klub akan bertanding tiga kali di babak penyisihan dan dua klub terbaik akan lolos ke babak delapan besar.

Delapan klub perempatfinal akan menghuni dua grup. Kembali bermain tiga kali, dua tim teratas akan lolos ke semifinal yang berlangsung dalam satu pertandingan. Pertandingan final Liga 2 musim ini juga digelar sekali.

“Soal tanggal (27 Oktober) dilanjutkan Liga 2 musim 2020 itu betul. Rencananya seperti itu. Oleh admin PT LIB sudah disampaikan ke peserta (klub-klub Liga 2),” ujar Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, saat dikonfirmasi.

Subsidi

Selain soal jadwal pelaksanaan lanjutan Liga 2, PT LIB melalui surat yang sama juga menyampaikan terkait pembagian subsidi untuk 24 klub. PT LIB mengucurkan subsidi dengan total Rp850 juta untuk setiap tim Liga 2. Sejumlah Rp250 juta di antaranya telah dibayarkan.

PT LIB akan kembali mencairkan Rp600 juta untuk 24 klub pada periode September-Desember 2020 sesuai keberlangsungan Liga 2. Subsidi bakal dicicil empat kali.

Subsidi bagi setiap klub akan bertambah andai berhasil melaju ke babak ke perempatfinal. PT LIB mengiming-imingi uang Rp200 juta dengan dua termin pembayaran.

Empat tim yang lolos ke semifinal kembali diguyur Rp200 juta oleh PT. LIB dengan pencairan dicicil dua kali.

Rekening pemenang Liga 2 musim ini akan semakin bertambah lantaran telah ditunggu hadiah senilai Rp500 juta. Sedangkan runner-up kebagian uang Rp300 juta. PT LIB total mengguyur Rp1,75 miliar untuk tim yang berhasil menjuarai Liga 2 2020. (m33/bc)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2