Waspada
Waspada » PSMS Pesimis Turnamen Pramusim Liga 2
Olahraga

PSMS Pesimis Turnamen Pramusim Liga 2

PSMS Kalahkan Bansar FC

MEDAN (Waspada): PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menetapkan bahwa Piala Menpora 2021 hanya akan diikuti oleh seluruh klub Liga 1 yang terdiri atas 18 klub, tanpa melibatkan wakil dari klub Liga 2 seperti yang dibicarakan sebelumnya.

Pada informasi sebelumnya, PSMS Medan dan Sriwijaya FC menjadi wakil dari Liga 2 pada Piala Menpora lantaran posisi mereka merupakan yang terbaik pada Liga 2 2019, di luar klub yang promosi seperti Persik Kediri, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh.

Direktur Operasional LIB, Sudjarno, menjelaskan bahwa ketetapan Piala Menpora hanya melibatkan klub Liga 1 berdasarkan rapat LIB dengan seluruh klub pada akhir pekan kemarin.

“Dua klub Liga 2 (PSMS dan Sriwijaya) tersebut bukannya tidak jadi, tapi memang keputusan dari rapat PSSI, LIB dan 18 klub seperti itu. Piala Menpora ini untuk klub Liga 1,” ungkap Sudjarno, Minggu (21/2).

Dengan demikian, klub Liga 2 belum memiliki wadah resmi seperti klub Liga 1 untuk melakukan pemanasan jelang kompetisi resmi. Akan tetapi, ada peluang bahwa turnamen pramusim juga dibuatkan untuk klub Liga 2.

“Turnamen pramusim buat Liga 2 sedang digodok juga. Turnamen khusus untuk Liga 2 nanti digodok oleh PSSI dan PT LIB. Yang Liga 1 turnamen prakompetisi Piala Menpora dan yang Liga 2 sedang digodok,” jelas Sudjarno.

Terpisah, Sekretaris PSMS Julius Raja tidak berharap banyak LIB akan mengakomodir turnamen pramusim untuk klub Liga 2. Dirinya realistis melihat waktu dan situasi saat ini.  “Tidak ada lagi itu. Itu hanya angin surga aja itu,” ungkap Julius.

“Kapan lagi mau digelar pramusim khusus Liga 2 itu? Kalau berbarengan kesannya waktunya mepet. Kalau mau digelar usai Piala Menpora pasti tidak mungkin. Karena sudah masuk puasa dan lebaran, habis itu wacana masuk Liga 1 dan Liga 2,” tandasnya.

Julius Raja juga menyebut PSMS kecewa dengan kabar Piala Menpora tidak jadi mengikutsertakan PSMS dan Sriwijaya FC. Mengingat PSMS sudah menyusun rencana untuk ambil bagian pada Piala Menpora.

“Itu rencana grup sudah disusun, ada 20 tim sudah dibagi dalam grup, sudah ke mana-mana beritanya. Karena itu kami rapat, kami siapkan tim walaupun belum ada undangannya,” ucap dia.

“Walaupun undangan belum datang, karena sudah serius kami diajak juga pertemuan, kami sudah rapat persiapan. Kalau kami tidak jadi ikut, ini berati PT LIB plin-plan, waktu kemarin virtual meeting kami diundang, semua diundang sampai suporter diundang,” katanya.

Julius merasa bahwa PSMS dan Sriwijaya memang tidak mendapat dukungan dari klub Liga 2 lain untuk bisa tampil di Piala Menpora. Pasalnya, banyak klub Liga 2 yang protes tidak mendapat ajakan untuk turnamen pramusim.

Beberapa tahun terakhir memang turnamen pramusim hanya digelar untuk klub-klub kasta tertinggi, sementara klub Liga 2 yang ambil bagian hanya sedikit dan bersifat sebagai undangan. Tidak heran jika Piala Menpora pun akhirnya hanya untuk klub Liga 1. (m18/goal)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2