Waspada
Waspada » PSMS Minta Liga Lanjut
Olahraga

PSMS Minta Liga Lanjut

MEDAN (Waspada): Sebanyak 22 dari 24 klub peserta Liga 2 Indonesia 2020 telah mengikuti rapat virtual bersama PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Jumat (29/5) sore.

Dari informasi yang didapat, sekira 11 klub meminta agar liga dihentikan sedangkan sisanya meminta liga dilanjutkan dan diserahkan kepada PSSI.

Manajer PSMS, Mulyadi Simatupang didampingi Sekum PSMS Julius Raja mengatakan rapat PSSI dan PT LIB dengan klub-klub Liga 2 sudah dilakukan.

“Semua klub telah memberikan pendapat, ada 22 klub di mana 50 persen minta liga distop dan 50 persen minta diserahkan ke PSSI dan dilanjutkan. Ada tiga klub yang minta dengan tegas agar liga dilanjutkan yakni PSIM, PSMS dan Badak Lampung,” ujar Mulyadi.

Untuk keputusan dilanjutkan atau tidaknya kompetisi menurut Mulyadi akan ditentukan setelah PSSI menggelar rapat Exco dalam waktu dekat.

Mulyadi beralasan meminta liga dilanjutkan dengan mengikuti protokoler kesehatan agar roda perekenomian bisa tetap berjalan.

“Alasan kita minta dilanjutkan agar roda perekonomian bisa berjalan. Juga bagaimana kehidupan atlet dan pembinaan berdampak dan berkelanjutan. Perlu dinego ulang mengenai kontrak pemain, gaji, dan subsidi dari PSSI,” harapnya.

Keluhkan Keuangan

Pertemuan PSSI dan PT LIB dengan kontestan Liga 2 mendadak dimajukan. Seharusnya, rapat baru akan berlangsung pada 2 Juni 2020.

“Seharusnya rapatnya pada Selasa depan. Namun diubah menjadi hari ini (kemarin). Agendanya seperti dengan pertemuan bersama klub-klub Liga 1 beberapa hari lalu,” ujar Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Lebih lanjut Yunus Nusi mengatakan, dalam rapat kali ini klub-klub Liga 2 menyampaikan keluhan keuangan. “Secara umum, klub-klub Liga 2 menyampaikan kesulitan keuangan yang mereka hadapi,” ujar Yunus.

Oleh karena itu, menurut Yunus, tim-tim Liga 2 meminta bantuan PT LIB dan PSSI untuk menyediakan sponsor jika kompetisi kembali dilanjutkan. Mereka kesulitan membiayai operasional termasuk membayar gaji pemain.

Beberapa tim Liga 2 juga mengusulkan agar kompetisi kembali bergulir. “Sama seperti dalam rapat dengan klub-klub Liga 1, Rabu (27/5), beberapa teman Liga 2 pun mengusulkan kompetisi dilanjutkan dengan catatan, bahkan ada yang berharap tanpa degradasi. Yang lain juga menyampaikan liga berhenti lalu diganti dengan turnamen,” tutur Yunus.

Semua usulan, pendapat yang terlontar dalam pertemuan virtual akan dibawa ke rapat komite eksekutif (Exco) PSSI yang akan menjadi penentu kelanjutan Liga 1 dan 2 musim 2020. Akan tetapi, jadwal pertemuan ini belum dipastikan.

“Saya melaporkan semuanya kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Untuk rapat Exco nanti menunggu arahan beliau,” kata Yunus yang juga Anggota Exco PSSI. (m33/ant)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2