Waspada
Waspada » Prof Agung Apresiasi Pelatih & Atlet PPLP Sumut
Olahraga

Prof Agung Apresiasi Pelatih & Atlet PPLP Sumut

KETUM KONI Sumut John Ismadi Lubis (2 kiri) dan Wakil Ketua I Prof Dr Agung Sunarno (2 kanan), diapit Ketua Umum KONI Pusat Letjend (Purn) Marciano Norman dan Wakil Ketua Mayjend (Purn) Suwarno beberapa waktu lalu di Danau Toba, Parapat. Waspada/Jonny Ramadhan Silalahi

MEDAN (Waspada): Guru Besar Olahraga Prof Dr Agung Sunarno MPd, mengapresiasi semangat para pelatih dan atlet PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar) Sumatera Utara dalam menjalankan program latihan mandiri di rumah masing-masing.

“Sudah hampir satu minggu para alet PPLP di rumahkan. Saya memantau latihan mereka melalui WhatsApp, Zoom Cloud Meeting serta Video yang dikirimkan para pelatih dan atlet saat latihan di rumah,” kata Prof Agung kepada Waspada di Medan, Selasa (31/3).

“Para atlet berlatih dengan sungguh-sungguh, begitu pula para pelatihnya. Untuk itu saya sangat mengapresiasi, karena mereka menjalankan tugasnya dengan baik,” papar Tenaga Ahli Keolahragaan PPLP Sumut tersebut.

Program latihan mandiri di rumah masing-masing itu diterapkan sesuai kebijakan Menpora dan Gubernur  Sumatera Utara yang ditindak lanjuti Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provsu Baharuddin Siagian SH MSi, demi memutus mata rantai penularan wabah virus corona.

Menurut Kepala UPT SKO Dahliana SH MSi, pemulangan atlet PPLP Sumut berkonsekuensi terhadap program latihan yang telah disusun pelatih dalam meraih prestasi puncak. Dahliana berharap para pelatih mampu meramu program latihan bagi para atletnya yang ‘pulang kampung’ karena mereka berasal dari kabupaten/kota se Sumatera Utara.

Prof Agung Sunarno mengatakan, pengetahuan tentang Physical Distance alias menjaga jarak fisik, perlu pemahaman yang benar baik saat latihan maupun saat di rumah supaya program berjalan maksimal.

“Paling tidak 1,8 meter harus dijaga saat berkomonikasi dan latihan di rumah maupun di lapangan. Pakai masker ketika ketika keluar rumah dan hindari kerumunan massa juga mesti dipahami para atlet,” papar Guru Besar FIK (Fakultas Ilmu Keolahragaan) Unimed tersebut.

“Intinya bahwa berkah dari kebijakan di rumahkan akan menambah kedewasaan atlet. Jadi jangan takut terhadap virus corona, tetapi kita harus waspada hingga apa yang kita lakukan terkontrol dan Insyaa Allah terbebas dari Covid-19,” tambah Prof Agung.

Program Latihan

Wakil Ketua I KONI Sumut itu juga menekankan pentingnya program latihan yang disusun para pelatih dapat diterima dan dilaksanakan oleh atlet. Konsep inilah yang menurutnya harus disadari para pelatih dan atlet PPLP.

“Kata kuncinya adalah ketika kita berprofesi sebagai atlet, maka yang menjadi pekerjaan utama adalah latihan. Jadi di manapun dan situasi apapun atlet berada, maka latihan tetap harus dijalankan. Dalam kondisi sekarang ini bahkan semua atlet harus tetap menjaga kebugaran di rumah,” tegas Prof Agung.

“Bila di PPLP Sumut program latihan yang diterapkan 10 sesi dalam seminggu dengan durasi latihan 2-3 jam sehari, maka dalam kondisi ini dapat dimodifikasi programnya baik itu sesi maupun durasi. Poin terpentingnya adalah kebugaran harus dicapai,” pesan mantan Ketua Kontingen Sumut di Porwil X Bengkulu 2019 itu.

Dia pun menggaris bawahi bahwa ketika para atlet dipulangkan ke rumah, jangan ada persepsi mereka mendapat kesempatan untuk istirahat atau tidak latihan seperti biasanya.

“Harus disadari bahwa justru kondisi seperti saat ini menuntut kesadaran tinggi bagi  para atlet. Kesadaran dan kemandirian tidak dilihat oleh para pelatih langsung di lapangan, tentunya menjadi titik unggul para atlet terhadap tanggung jawab masing-masing,” jelas Prof Agung Sunarno.

“Dengan atlet  tetap berlatih akan berdampak terhadap kebugaran dan daya tahan tubuh. Bahkan salah satu kunci untuk menangkal virus harus mempunyai daya tahan tubuh tinggi (imunitas) yang didapat melalui latihan olahraga,” pungkasnya. (m15)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2