Waspada
Waspada » Prihatin Cara Pengumuman Pensiun Casillas
Olahraga

Prihatin Cara Pengumuman Pensiun Casillas

MADRID (Waspada): Bek legendaris Real Madrid dan Spanyol, Fernando Ruiz Hierro, merasa prihatin dengan cara pengumuman pensiun yang dilakukan kiper Iker Casillas.

Suami presenter cantik Sarah Carbanero (foto) itu tak dapat menyampaikan salam perpisahan sebagaimana lazimnya di atas lapangan hijau, karena dunia masih dilanda pandemi virus corona yang bermula dari Kota Wuhan di China.

“Sungguh prihatin melihat dia (Casillas) mengucapkan salam perpisahan dengan tidak berada di lapangan sepakbola,” ucap Hierro lewat Marca, Rabu (5/8).

Hierro yang kini menjabat Direktur Olahraga Timnas Spanyol, pernah berkolaborasi dengan Casillas dalam sebagian besar karir profesionalnya. Saat memperkuat Madrid pada 1989-2003 dan El Matador pada 1989-2002, pria berusia 52 tahun itu menjadi saksi perkembangan hebat Casillas yang membela El Real (1999-2015) dan La Roja (2000-2017).

“Ini hari yang paling penting dan saat bersamaan juga yang paling sulit dalam karier olahraga saya. Waktunya tiba untuk mengucap selamat tinggal,” cuit Casillas lewat Twitter.

Hierro berharap kiper legendaris berumur 39 tahun itu mau melanjutkan kiprahnya dari pinggir lapangan. “Tentu saja dunia sepakbola akan siap menyambutnya dengan tangan terbuka jika dia ingin segera kembali bekerja,” tegasnya.

Fisik Menurun

Sepanjang karir panjangnya, Casillas sudah memenangkan semua trofi bergengsi bersama negara maupun klub. Penjaga gawang kelahiran 20 Mei 1981 itu sudah pernah merebut trofi Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Champions, Piala Dunia Klub, Piala Super Eropa, La Liga dan Piala Raja Spanyol.

Dia pensiun karena kondisi fisiknya terus menurun sejak mengalami serangan jantung pada pertengahan tahun lalu ketika latihan bersama FC Porto yang diperkuatnya pada periode 2015-2020.

Kabar pensiunnya sang legendas diperkuat dengan pernyataan Presiden Porto Jorge Nuno Pinto da Costa. Casillas selanjutnya akan kembali ke Spanyol, karena Presiden Madrid Florentino Perez memintanya untuk masuk jajaran manajemen klub pemilik 13 trofi juara Piala/Liga Champions tersebut.

“Dia datang ke klub kami sebagai seorang anak usia sembilan tahun. Di sini dia telah tumbuh, dilatih serta menjadi patokan bagi semua penggemar sepakbola,” kenang Perez.

“Dari Real Madrid hari ini kami ingin menyampaikan cinta kami, kekaguman kami dan tentu saja terima kasih kami untuk semua yang telah dia berikan kepada kami, baik di dalam maupun di luar lapangan. Iker mewakili nilai-nilai Real Madrid,” tambahnya.

Ketangguhannya di bawah mistar dan kepemimpinan Casillas, membuat banyak orang menghormati dirinya. Tak terkecuali Lionel Messi, megabintang Barcelona sebagai rival klasik Madrid.

Sesuai klub dan posisi masing-masing, bomber Barca Messi dan kiper Madrid Casillas sangat sering adu kepiawaian di berbagai kompetisi. “Iker pensiun, tetapi statusnya sebagai legenda sepakbola telah diamankan sejak lama,” jelas Messi.

“Bukan hanya karena dia salah satu pemain terbaik di Liga Spanyol, tetapi juga karena dia berhasil memenangkan segalanya di level internasional,” puji mesin gol asal Argentina berjulukan La Pulga alias Si Kutu itu.

Menurut kapten Los Cules itu, Casillas merupakan penjaga gawang yang fantastis sekaligus lawan yang sangat sulit ditaklukkan.

“Saya harus jujur mengatakan itu. Jika melihat ke belakang, saya pikir persaingannya sangat istimewa yang mendorong kami untuk mencapai level baru setiap kali berhadapan satu sama lain,” pungkas Messi. (m08/mrc/twt)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2