Waspada
Waspada » Prestasi Marquez Tergantung Honda RC213V
Olahraga Otomotif

Prestasi Marquez Tergantung Honda RC213V

Box Repsol

MADRID (Waspada): Juara dunia tiga kali Jorge Lorenzo (foto kiri), menilai prestasi Marc Marquez (foto kanan) pada balapan MotoGP musim ini sangat tergantung pada kinerja motor Honda RC213V.

“JIka Marc memiliki masalah dengan motor atau Honda tidak cukup kompetitif, dia bisa berada dalam kesulitan melawan Yamaha,” ucap Lorenzo lewat GP One, Rabu (8/7).

“Jadi saya ulangi, itu tergantung motornya. Jika Honda sangat kompetitif, Marc tetap favorit. Jika motornya menderita, dia bisa kehilangan gelar,” tambahnya.

Sejak debut tahun 2013 silam, Marquez terus menunjukkan ketangguhannya bersama Honda RC213 V. Pembalap Repsol Honda itu langsung kampiun, sehingga dijuluki The Baby Alien alias Si Bayi Ajaib.

Sukses Marquez berlanjut hingga musim 2019 dengan torehan enam kali menjuarai MotoGP. Superstar Spanyol berumur 27 tahun itu hanya sekali gagal juara pada gelaran MotoGP 2015 yang dimenangkan Lorenzo (Movistar Yamaha).

Lorenzo mengenal betul Marquez, karena dia mantan kompetitor sekaligus mantan tandemnya di Repsol Honda. Dia pun masih memfavorit Baby Alien untuk memenangkan titel MotoGP 2020 yang masih tertunda pergelarannya akibat pandemi virus corona yang bermula dari Kota Wuhan di China.

“Jelas, Marc favorit, dia selalu menang sejak 2013. Pengecualiannya hanya semusim saat saya menang, itu mencerminkan semuanya,” tutur Lorenzo.

Tetapi dia memprediksi musim ini bakal lebih sengit dengan ambisi trio Yamaha, Fabio Quartararo, Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Juga Andrea Dovizioso (Ducati) dan Alex Rins (Suzuki).

“Quartararo sangat kuat dan cepat, Maverick sekarang berada dalam posisi mental yang sangat kuat. Tidak boleh juga mengabaikan Dovizioso, Valentino atau Rins dari Suzuki,” ujar Lorenzo.

Mantan pembalap Yamaha, Ducati dan Honda itu menegaskan lagi bahwa dirinya tak akan tampil sebagai pembalap musim ini. Lorenzo memiliki peran lain usai mendapatkan kepercayaan menjadi test rider Yamaha.

“Marc tiba di MotoGP dan menang sebagai rookie. Prestasi itu terjadi hampir setiap tahun,” papar pria Spanyol berusia 33 tahun tersebut.

“Saat ini Marc masih lebih unggul daripada yang lain. Sulit bagi yang lain untuk mengalahkannya, tetapi banyak hal dapat berubah,” tutur Lorenzo. (m08/gpo)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2