Portugal Tetap Percaya Tembus - Waspada

Portugal Tetap Percaya Tembus

  • Bagikan
UEFA



LISBON (Waspada): Serbia memesan satu tempat ke Qatar, Minggu (Senin WIB), selepas menang mengejutkan dengan skor 2-1 atas tuan rumah Portugal pada laga pemungkas Grup A Pra Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Kemenangan di Stadion da Luz itu membuat Serbia menjuarai Grup A dengan raihan 20 poin, unggul tiga angka di atas Seleccao das Quinas. Hanya saja pelatih Fernando Santos tetap percaya Cristiano Ronaldo (foto kanan) bakal menembus Qatar 2022 melalui jalur playoff kontra sesama runner-up grup.

“Kami akan berada di Qatar. Kami tahu tidak melakukan apa yang seharusnya kami lakukan, tetapi kami akan berada di sana,” tegas Santos melalui Jorrnal de Noticias, Senin (15/11).

“Kami selalu bermain untuk menang dan memikirkan momen ofensif. Tapi itu tidak selalu berjalan sesuai keinginan dan tanggung jawab ada di saya,” tambah pelatih berusia 67 tahun tersebut.

Gelandang Renato Sanches membawa tuan rumah unggul cepat lewat golnya saat pertandingan belum genap berusia dua menit. Renato mengejar bola liar setelah Bernardo Silva mengganggu pergerakan Nemanja Gudelj di area pertahanan Serbia.

Berselang tiga menit, Serbia nyaris memberi jawaban instan. Namun tembakan Dusan Vlahovic masih menghantam tiang gawang tuan rumah dan sambaran penyerang Fiorentina atas bola muntah malah melambung tinggi dari sasaran.

Kerja keras Serbia membuahkan hasil menit 33. Tembakan Dusan Tadic gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Rui Patricio hingga membuat bola malah masuk ke gawang Portugal.

Kedua tim terus berjuang mencari kemenangan. Superstar Ronaldo tak kunjung mampu memimpin Seleccao untuk mendapatkan gol yang mereka buru.

Portugal sebetulnya bisa melangkah ke Qatar 2022 apabila meraih hasil imbang. Tetapi hal itu buyar menit 90 saat striker Aleksandar Mitrovic mencetak gol kedua Serbia.

Berawal dari umpan silang menawan kiriman Tadic ke area tiang jauh, Mitrovic menyambutnya dengan tandukan memantul rumput yang cukup untuk memperdaya Patricio.

Ronaldo yang sudah mencetak enam gol di babak kualifikasi ini, nyaris merebut panggung pertandingan pada menit ketiga injury time lewat percobaan spektakulernya. Tapi bola masih terlalu tinggi di atas mistar gawang tim tamu.

Portugal pun mesti menunggu hasil undian babak playoff zona Eropa yang nantinya akan memperebutkan tiga tiket tersisa putaran final pada Maret 2022.

“Sungguh permainan yang buruk dari Portugal. Kami mencetak gol lebih dulu, tetapi kemudian seakan berhenti main. Saya tak bisa menjelaskan apa masalahnya,” sesal Bernardo Silva, gelandang serang Portugal asal klub Manchester City.

“Kami seharusnya bisa bermain lebih baik. Kami sekarang akan bermain di babak play-off, kami harus bermain maksimal agar bisa lolos,” tegas Silva. (m08/jdn)

  • Bagikan