Waspada
Waspada » Pep Galau Aguero Gagal Penalti
Olahraga

Pep Galau Aguero Gagal Penalti

KIPER Chelsea Edouard Mendy dengan mudah mengamankan bola tendangan penalti striker City Sergio Aguero di Etihad Stadium, Manchester. MEN

LONDON (Waspada): Chelsea menunda pesta juara Manchester City, Sabtu (Minggu WIB), setelah mengalahkan pemuncak klasemen Liga Premier itu dengan skor 2-1 pada matchday 35 di Stadion Etihad,.

The City sempat unggul lebih dulu dengan gol winger Raheem Sterling yang kemudian diwarnai kegagalan striker Sergio Aguero memaksimalkan hadiah tendangan penalti. The Blues lantas bangkit membalikkan kedudukan melalui gol Hakim Ziyech dan Marcos Alonso.

Manajer Pep Guardiola pun galau dengan kegagalan Citizens memenangkan laga kandang tersebut. Tapi dia tidak mau berlebihan menyalahkan Aguero atas keputusannya mengeksekusi penalti dengan tendangan Panenka.

“Tentu kita tidak tahu apa yang bisa terjadi di babak kedua. Kami tidak bisa membantah bahwa keunggulan 2-0 saat turun minum akan membuat segalanya berbeda,” ucap Pep di laman resmi City, Minggu (9/5).

“Jika dia bisa mencetaknya, itu akan menjadi gol jenius. Saya selalu bilang ke pemain untuk mengambil keputusan sendiri. Entah itu Panenka, kanan, kiri, pokoknya bebas,” klaim mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich tersebut.

City yang sudah unggul lewat gol Sterling menit 44, memperoleh peluang emas untuk menggandakannya ketika dihadiahi tendangan penalti pada injury time babak pertama.

Namun tendangan penalti ala Panenka yang dilepaskan Aguero, bisa dibaca kiper Chelsea Edouard Mendy hingga dengan mudah mengamankan bola.

Keunggulan Manchester Biru lantas raib menit 63 karena gol cantik Ziyech. Alonso lantas secara dramatis membawa London Blues menang dengan golnya di pengujung laga.

“Sergio orang yang bijaksana. Tentu kita tidak punya waktu yang cukup jika ingin membicarakan apa saja yang telah dia lakukan untuk tim ini selama dia berada di sini,” papar Pep.

“Dia yang mengambil keputusannya, sesuatu yang di luar dugaan. Tetapi jika dia yakin, dia berhak melakukannya. Algojo penalti punya tanggung jawab penuh,” tegasnya lagi.

Citizens yang sangat mantap memimpin klasemen dengan kemasan 80 poin, harus menunda gelar juaranya saat bertandang ke markas Newcastle United pada matchday 36 pekan depan di St James Park.

“Saya pikir kami bermain cukup baik. Jika penalti itu masuk, maka kami bisa menyelesaikan permainan dan menuntaskan perburan,” tutur Sterling.

“Tentu mengecewakan kalah di menit-menit akhir. Kami masih memiliki beberapa laga lagi dan kami akan bekerja keras untuk itu,” ratap winger andalan Timnas Inggris berumur 26 tahun tersebut.

Laga itu menjadi pemanasan buat kedua tim menuju final Liga Champions di Istanbul, Turki, 29 Mei mendatang. Aguero sendiri sudash meminta maaf atas kegagalannya.

“Saya ingin meminta maaf kepada rekan-rekan setim, staf dan para suporter, karena gagal mencetak gol tendangan penalti. Itu keputusan buruk dan saya bertanggung jawab penuh,” tegas Aguero.

“Kalau mereka mencetak penaltinya, laga bakal berakhir sebelum benar-benar dimulai. Kalau skornya 2-0, kami bakal tak punya peluang untuk bangkit,” tutur Thomas Tuchel, manajer Chelsea asal Jerman.

“Tapi skornya 1-0 dan kami punya satu pemain cedera. Saya sangat terkesan dengan reaksi para pemain, kami layak menang di babak kedua. Ini pertempuran fisik dan kami tak pernah mundur,” pungkas Tuchel. (m08/rtr/espn)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2