Pemko Medan Serahkan Tali Asih Atlet Berprestasi - Waspada

Pemko Medan Serahkan Tali Asih Atlet Berprestasi

  • Bagikan
WALI Kota Medan M Bobby Afif Nasution SE MM didampingi Kadispora Pulungan Harahap SH MSi, Kadis Kebersihan dan Pertamanan Syarifuddin Irsan Dongoran serta Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani pose bersama atlet peraih medali PON XX Papua usai penyerahan bonus di Medan, Minggu (24/10) sore. Waspada/Armansyah Th

Peraih Medali PON Papua

MEDAN (Waspada): Pemko Medan menyerahkan tali asih kepada 28 atlet dan 12 pelatih asal Kota Medan yang meraih medali PON XX Papua 2021 dalam acara pemberian penghargaan kepada atlet dan pelatih berprestasi 2021 di Taman Cadika, Medan Johor, Minggu (24/10).

Penyerahan tali asih langsung dilakukan Wali Kota Medan M Bobby Afif Nasution SE MM didampingi Kadispora Pulungan Harahap SH MSi, Kadis Kebersihan dan Pertamanan Syarifuddin Irsan Dongoran dan Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani.

Selain itu, kepada Pengkot cabor yang meraih medali PON juga diserahkan piagam penghargaan. Jumlah total tali asih yang diserahkan kepada atlet dan pelatih sebanyak Rp710 juta. Dalam kesempatan ini, wali kota lebih banyak berdialog dengan para atlet dan pelatih guna mendapatkan masukan dalam upaya peningkatan prestasi olahraga.

Wali Kota Medan mengatakan, prestasi para atlet juga telah membuat imun masyarakat Medan naik di masa landemi. “Bukan hanya membawa harum nama Kota Medan, tetapi juga membawa naik imun masyarakat lewat prestasi di PON. Pemko ingin mensupport lebih besar lagi untuk mewujudkan Medan Kota Atlet, ” kata Bobby.

“Adalah cita-cita kita semua menjadikan Medan Kota Atlet. Selain atlet yang luar biasa, juga harus didukung fasilitas. Untuk itulah kita di sini berdiskusi agar menjadi catatan penting. Agar jika kita berkumpul lagi, lebih banyak lagi yang hadir, dalam arti lebih banyak lagi medali yang didapat,” tutur wali kota.

Dalam dialog, wali kota menyahuti positif masukkan dari para pelatih, di antaranya tentang pendidikan, lapangan pekerjaan bagi atlet berprestasi. Juga memaksimalkan latihan dan kegiatan dengan negara tetangga dalam program sister city.

Ketua Umum KONI Medan mengucapkan terima kasih kepada wali kota atas dukungan motivasi dan semangat. “Semoga pada PON XXI 2024 di mana Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh, Kota Medan dapat lebih berkontribusi atas raihan medali Sumut, ” sebut Eddy.

Atlet peraih medali emas masing-masing mendapat Rp50 juta, perak Rp16 juta dan perunggu Rp10 juta. Selain itu, para pelatih yang mendampingi atlet peraih medali juga mendapat bagian dengan rincian Rp20 juta untuk emas, Rp12 juta perak dan Rp7 juta perunggu.

Atlet Kota Medan berkontribusi menyumbang 3 medali emas, 10 perak dan 15 perunggu dari total 55 medali yang direbut Kontingen Sumut di PON XX Papua dengan rincian 10 emas, 22 perak dan 23 perunggu.

“Dengan kata lain, Medan berkontribusi lebih 50 persen dari raihan total medali Sumut di PON Papua,” jelas Eddy Sibarani.

Peraih medali emas adalah Juwita Niza Wasni dan Harris Horatius (wushu), Farhan Attamamil Arda (tarung derajat). Medali perak Nicholas (wushu), M Khadafi (sepatu roda), Khansa Nayra Qatrinnada (sepatu roda), Oppy Danena Ginting (taekwondo), Hotmaruli Simarmata (biliar), M Fadli dan Jefry Zein (biliar), Chandra Wijaya (biliar), Faebolo Dodo Gowasa (angkat berat), Wan Nurul Indana (karate), Dwi F, Nicky, Dessynta, Nurul (karate).

Medali perunggu disabet Fredy (wushu), Wilbert Sanjaya (wushu), Fredy, Nicholas dan Wilbert (wushu), Gabriela Sari Purba (muaythai), Surya Kevin Rajagukguk (muaythai), Jhonny Chandra (biliar), Hotmaruli (biliar), Roma Pance Tampubolon (biliar), Jefry Zen (biliar), Hotmaruli (biliar), Masmur Sitepu dan Shiva A Nissa (menembak), Dessynta Banurea (karate), Gusti Bayu Ginting (karate), Nicky Dwi Octari (karate), Bayu dan Widodo (karate). (m23)

  • Bagikan