Waspada
Waspada » Pemerintah Intensifkan Persiapan PD U-20
Olahraga

Pemerintah Intensifkan Persiapan PD U-20

KETUM PSSI Mochamad Iriawan (kiri) dan Menpora Zainudin Amali usai memberi keterangan mengenai persiapan Piala Dunia U-20 2021 di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat (3/7). Antara

JAKARTA (Waspada): Pemerintah dan PSSI akan mengitensifkan persiapan Piala Dunia U-20 tahun depan yang berlangsung di Indonesia pada 20 Mei-12 Juni 2021.

“Presiden melalui rapat kabinet terbatas pada tanggal 1 Juli 2020 sudah memutuskan soal Piala Dunia U-20 tahun 2021 yaitu persiapan agar segera dijalankan,” kata Menpora Zainudin Amali di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat (3/7).

Zainudin melanjutkan, untuk mengefisienkan kerja kementerian, lembaga dan PSSI, Presiden Joko Widodo menginstruksikan semua pihak berkomunikasi dan saling berbagi tugas.

Kemenpora, misalnya, fokus menyelenggarakan Piala Dunia U-20. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun dan memperbaiki stadion tempat pertandingan, sedangkan PSSI diminta fokus menyiapkan tim nasional agar tidak sekadar ‘numpang lewat’ pada Piala Dunia U-20.

Semua tanggung jawab tersebut mesti segera ditunaikan karena persiapan Piala Dunia U-20 2021 sudah tertunda kurang lebih tiga bulan karena pandemi Covid-19.

“Pemerintah dalam hal ini Kemenpora terus berkomunikasi dengan PSSI dan mudah-mudahan kekompakan ini dapat meringankan segala sesuatunya sehingga tidak ada hambatan berarti dalam persiapannya,” tutur Menpora.

PSSI Dapat Jabatan

Menpora memastikan PSSI bakal dapat jabatan di kepanitiaan Piala Dunia U-20 2021 atau INAFOC (Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee). Namun Menpora belum bisa memastikan nama tersebut.

Ia mengatakan masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres) terkait susunan kepanitiaan INAFOC. “Belum, kita belum lihat itu (nama wakil PSSI di INAFOC), kita tunggu itu. PSSI pasti masuk (di kepanitiaan INAFOC), posisinya di mana kita lihat nanti. Kita tunggu Keppres,” katanya.

Jika Keppres sudah ditandatangani Presiden, Menpora baru akan duduk bersama dengan PSSI untuk membahas bersama struktur kepanitiaan.

“Saya kira kita harus melakukan ini sebagai satu panitia bersama dengan semua unsur. Ada PSSI, Kemenpora, Kementerian dan Lembaga lain serta TNI/Polri. Dan hasilnya tetap kami koordinasikan dengan FIFA,” sebutnya.

Menpora memastikan tidak ada pengambilalihan kepanitiaan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 oleh pemerintah.

“Tidak ada pengambil alihan. Ini kegiatan kita bersama. Karena pembiayaannya 100 persen dari APBN dan masuk di DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Kemenpora, di situlah keterlibatan pemerintah. Kami bantu PSSI supaya bisa sukses dan Piala Dunia U-20 bisa terselenggara dengan baik,” tegasnya.

PSSI pun menyambut baik pembagian tugas yang diperintahkan Presiden di mana Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan segera membentuk tim khusus untuk Timnas U-20.

“Saya membentuk struktur yang di dalamnya ada Wakil Ketua Umum PSSI dan semua yang berkaitan dengan kemajuan timnas,” kata Iriawan. (m18/ant/cnni)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2