Pemain Timnas Diminta Contoh City - Waspada

Pemain Timnas Diminta Contoh City

  • Bagikan
PELATIH Shin Tae-yong (kanan) saat memberikan pengarahan kepada para pesepakbola dalam latihan Timnas Senior Indonesia di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK). Antara

JAKARTA (Waspada): Timnas Indonesia saat ini terus mengalami peningkatan dari berbagai hal, di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu masih menilai banyak hal yang perlu ditingkatkan oleh pemain timnas.

Selain sering menempa fisik supaya para pemain Timnas Indonesia bisa bersaing di lapangan selama 90 menit, Tae-yong juga membekali pemain dengan video pertandingan sepakbola klub-klub Eropa yang sudah ada di level tinggi.

Tae-yong mengambil Manchester City sebagai contoh, ketika bermain di semifinal Liga Champions kontra Paris Saint-Germain (PSG). Tae-yong mau para pemain Timnas Indonesia punya kekuatan dan kemauan yang sama seperti Manchester City.

Menurut Tae-yong, sudah tugas pemain untuk selalu berlari selama bertanding. “Pemain City dengan gaji yang per minggu miliaran mau berjibaku jatuh bangun menghadang bola. Contohnya Osvaldo Haay. Dia striker dan harus turun ke belakang. Dia harus mau menghadang bola sehingga pemain belakang berani bermain seperti itu,” ujar Tae-yong beberapa waktu lalu.

Untuk bisa bermain penuh totalitas selama 90 menit, tentu dibutuhkan fisik yang kuat. Makanya, hingga kini citra dari Tae-yong sangat lekat dengan latihan fisik yang dia lakukan demi pemain bisa bersaing dengan tim-tim negara lain.

Pada Juni nanti, Tae-yong akan mengawal Timnas Indonesia menjalani lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Harapan Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia sudah nihil, tapi setidaknya bisa melihat bagaimana timnas hasil tempaan Tae-yong.

Selain kekuatan fisik, dibutuhkan kemauan yang tinggi dari pemain ketika di lapangan. “Setelah begitu, intensitas pun akan naik demi meningkatkan fisik dan mental, dengan disaksikan Pak Ketum (Mochamad Iriawan) kita harus mampu membuktikan hingga laga terakhir, 11 Juni nanti. Seperti (saat Timnas U-19) di Kroasia, sebetulnya pemain bisa tetapi mereka tidak melakukan yang lebih lagi,” beber Tae-yong.

“Jujur saya melihat sebuah harapan dari sepakbola Indonesia setelah berlatih saat ini. Untuk itu para pemain harus berusaha lebih keras lagi. Para staf pelatih juga akan memberikan semuanya semaksimal mungkin. Saya pun yakin dan percaya dapat memberikan hasil maksimal di tiga pertandingan nanti,” tukas Tae-yong.

Skuad Timnas Indonesia bakal ditempa latihan intensitas tinggi saat berada di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Dijadwalkan pasukan Merah Putih terbang ke negara tersebut pada Senin (17/5) malam WIB.

Thailand menjadi lawan pertama Indonesia pada lanjutan kualifikasi nanti, 3 Juni, empat hari kemudian menghadapi Vietnam. Terakhir Indonesia bentrok dengan Uni Emirat Arab (UEA), 11 Juni 2021. (m18/goal)

  • Bagikan