Waspada
Waspada » Pemain Sepakbola PON Sumut Utamakan Prokes
Olahraga

Pemain Sepakbola PON Sumut Utamakan Prokes

MEDAN (Waspada): Tim sepakbola Sumatera Utara tetap menjalankan aktivitas latihan walau di tengah pandemi Covid-19 sebagai persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua.

Hanya saja, untuk menghindari paparan Covid-19, pemain sepakbola PON Sumut menggelar latihan mandiri yang dipantau tim pelatih secara virtual. Walau latihan mandiri, seluruh pemain tetap wajib menjalankan protokol kesehatan cegah Covid-19.

“Kita minta seluruh pemain tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker saat ke luar rumah, menjaga jarak dan rutin mencuci tangan pakai sabun,” ujar Sekretaris Umum Asosiasi Provinsi PSSI Sumut, Ir Fityan Hamdy (foto), Jumat (4/12).

Lebih lanjut Fityan mengatakan, mematuhi protokol kesehatan sangat penting bagi siapa saja, terlebih atlet sepakbola. “Kita tidak mau selama latihan mandiri pemain tidak disiplin menjalankan Prokes, karena kesehatan mereka paling utama untuk dijaga,” ucapnya.

Fityan mengakui kondisi pandemi Covid-19 memang sangat menganggu akrivitas olahraga. PON Papua yang semula dijadwalkan pada 2020, terpaksa ditunda hingga 2021. Situasi ini sangat berpengaruh kepada persiapan, termasuk tim sepakbola Sumut.

“Mundurnya PON membuat program latihan terpaksa berubah. Para pemain terpaksa latihan secara virtual untuk menghindari penyebaran Covid-19,” paparnya.

Dikatakan, latihan di rumah tetap dipantau oleh pelatih Kepala Ansyari Lubis. Para pemain wajib mengirimkan video latihan kepada pelatih. “Saat ini tujuan utama latihan masih untuk menjaga kondisi fisik,” katanya.

Asprov PSSI Sumut sendiri memiliki rencana menggelar latihan tim sepakbola PON Sumut secara bersama. Latihan bersama dengan menerapkan protokol kesehatan akan digelar setelah tes fisik dan kesehatan pemain yang dilakukan KONI Sumut dalam waktu dekat ini.

“Setelah tes fisik dan kesehatan pemain yang dilakukan KONI Sumut, kita baru akan menggelar latihan bersama dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” ucapnya.

Fityan mengatakan Sumut memiliki target tinggi pada PON 2021. “Ya, target kita tampil di final. Persaingan memang berat, tapi kita optimis menembus final,” pungkas Fityan. (m18)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2