Pemain Jepang Mulai Bergabung Persiraja - Waspada

Pemain Jepang Mulai Bergabung Persiraja

  • Bagikan
Waspada/Munawardi/B

BANDA ACEH (Waspada): Pemain asing Persiraja Banda Aceh asal Jepang, Shori Murata (foto) mulai bergabung berlatih di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Rabu (2/6). Dia mengaku senang mendapat sambutan hangat dari manajemen dan pendukung Laskar Rencong.

Hal itu diungkapkan mantan pemain Yangon United itu kepada media, usia mengikuti latihan dibawah pelatih kepala Hendri Susilo, Irwansyah dan Akhyar Ilyas.

“Saya ingin adaptasi dengan cepat dengan sepakbola Indonesia. Saya kira itu tidak sulit, karaena saya juga pernah main di Myanmar,” kata dia.

Murata mengatakan, dia mengetahui Persiraja dari media sosial. Namun, tidak banyak yang dia tahu. “Saya senang bergabung dengan Persiraja. Saya akan bekerja keras di klub ini. Itu yang membuat saya senang, juga mendapat sambutan bagus dari tim pelatih,” sebutnya.

Hal lain yang membuat dia senang bermain di Indonesia, karena dukungan suporter yang sangat luar biasa. Dan itu berbeda dengan negara-negara lainnya di Asia Tenggara. “Saya ingin menunjukan kemampuan terbaik saya bersama tim ini,” katanya.

Pelatih fisik Persiraja, Irwansyah mengatakan, kondisi pemainnya memang belum sesuai dengan yang mereka harapkan. Ia menilai, hal tersebut wajar, karena tim dan pemain di klub lain juga dalam kondisi yang sama. “Kini di pekan pertama, kita sudah mulai start diangka 60 persen. Pekan-pekan selanjutnya naik hingga 70-80. Begitu yang kita harapkan,” katanya.

Mantan pelatih fisik Semen Padang ini menambahkan, dalam pekan ini, dirinya akan menggeber fisik pemain dengan weight training, gym hingga cross country. Selanjutnya baru masuk ke agility, speed, endurance training with ball. “Insya Allah dalam pekan-pekan selanjutnya akan memasuki tahap yang kita inginkan,” ujar Irwansyah.

Mengomentari Shori Murata, Irwansyah mengatakan, dirinya melihat tidak ada masalah dengan fisik pemain asal Jepang itu. “Kalau pemain asal Jepang tidak ada masalah. Saya tahu benar mental training mereka, karakter juga beda. Lihat saja tadi, begitu datang dia langsung jogging. Pemain kita masih ketawa-ketawa di pinggir lapangan,” tukas dia.

Kapten Persiraja, Mukhlis Nakata mengatakan dirinya menyambut baik dengan bergulirnya kembali Liga 1, meski terpusat di Pulau Jawa. Dia mengaku tak masalah, apalagi sebelumnya, juga sudah pernah bermain di Piala Menpora 2012.

“Kalau main di Pulau Jawa tidak masalah. Mungkin kita hanya perlu adaptasi dengan pemain baru saja. Karena kemarin banyak pemain yang hilang. Memang, sekarang ada sebagian pemain baru, tapi itu tidak masalah, karena mereka juga mantan-mantan pemain Liga 1 juga,” sebut Nakata.

Itupun, sambung Nakata, hanya butuh chemistry saja agar permainan tim bisa klop. “Sekarang sudah mulai terlihat. Hanya tinggal pemahaman saja antar pemain,” ujar mantan pemain PSAB Aceh Besar itu. (b04/C)

  • Bagikan