Waspada
Waspada » Pemain Aceh Dapat Lisensi Melatih FA
Olahraga

Pemain Aceh Dapat Lisensi Melatih FA

SUBHAN Fajri (kanan) pose bersama Pelatih Kepala Garuda Select Dennis Wise. Waspada/ist

BANDA ACEH (Waspada): Pemain muda Aceh asal Bireuen, Subhan Fajri, segera mengantongi sertifikat kursus lisensi kepelatihan Level 1 dari Federasi Sepakbola Inggris (FA).

Sebagai informasi, para pemain Garuda Select angkatan kedua, sejak Selasa (17/3), sudah melakukan tes online sebagai kelanjutan dari kelas kepelatihan yang didapatkan sejak awal Februari 2020.

Dikutip dari laman resmi beberapa nama dari angkatan kedua seperti Subhan Fajri, Alfriyanto Nico, dan Muhammad Rafli Asrul, termasuk di antara yang sudah menyelesaikan ujian online.

Jadi, para pemain akan diajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi dari kelas kepelatihan sebelumnya.

”Jadi kami diberi homework (PR) secara online yang harus diselesaikan supaya mendapatkan sertifikasi kepelatihan Level 1 FA,” ujar Subhan kepada Mola TV.

Kata dia, sekarang sudah selesai ujian tersebut serta tinggal menunggu sertifikat turun. Ada beberapa materi kursus yang harus diselesaikan.

Di antaranya ada Introduction to Coaching, Introduction to Equality and Diversity, Level 1 in Coaching Football – face to face sessions, dan, Long Term Player Development.

Ditambah lagi dengan Plan, Do, Review, serta Respect for Coaches. Materi-materi ini merupakan dasar kepelatihan yang bisa menjadi bekal bagi para pemain di kemudian hari.

Subhan menambahkan, mengikuti kursus kepelatihan ini menjadi investasinya di masa depan selama berkiprah di sepakbola. Meski masih menginjak usia muda, visinya sudah mengarah jauh ke depan.

“Ini menjadi salah satu cara untuk terus menggali pengalaman dan menurut saya perlu. Setidaknya ada jalan jika ingin melanjutkan karier sebagai pelatih,” katanya.

Pemberian materi kepelatihan seperti ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya di Program Garuda Select. Tahun lalu, ada dua pemain muda Aceh yang masuk program Garuda Select edisi pertama, yakni Reza Fuazan dan Amanar Abdillah.

Pemain angkatan pertama seperti Bagus Kahfi, Brylian Aldama, David Maulana, Fajar Fathur Rahman, Andre Oktaviansyah, dan Risky Sudirman juga dapat pelatihan serupa. (b07/C)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2