Peluang 4 Wakil Indonesia, Ginting Tersingkir - Waspada

Peluang 4 Wakil Indonesia, Ginting Tersingkir

  • Bagikan
Antara

BANGKOK (Waspada): Empat wakil Indonesia menjaga peluang lolos fase grup setelah memenangi laga kedua BWF World Tour Finals 2020 di Impact Arena, Bangkok, Kamis (28/1).

Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih kemenangan kedua atas pasangan Malaysia Vivian Hoo/Yap Cheng Wen 21-17, 21-7. Namun, Greysia/Apriyani belum pasti melangkah ke semifinal.

Sebelumnya, Greysia/Apriyani menang atas ganda Korsel, Lee So-hee/Shing Seung-chan 21-17, 22-24, 21-15.

Kemenangan atas ganda Malaysia membuat Greysia/Apriyani menempati posisi teratas Grup A dengan mengoleksi dua poin. Sedangkan Lee/Shin dan pasangan Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean berada di posisi berikutnya dengan torehan 1 poin.

Lee/Shin naik ke posisi kedua setelah menang atas Chow/Lee di games kedua. Lee Shin menang lewat permainan dua game 21-15, 21-17.

Dengan kondisi ini, Greysia/Apriyani punya dua syarat untuk melangkah ke fase berikutnya saat berhadapan dengan Chow/Lee di pertandingan ketiga, Jumat (29/1).

Greysia/Apriyani dipastikan lolos jika bisa merebut setidaknya satu gim melawan Chow/Lee. Hal itu berarti ganda nomor delapan dunia itu tidak boleh kalah dengan dua gim dari pasangan Malaysia tersebut.

Syarat lain yang bisa membuat Greysia/Apriyani lolos yaitu kekalahan yang dialami Lee/Shin saat berhadapan dengan Hoo/Cheng Wen. Jika Lee/Shin kalah maka Greysia/Apriyani akan tetap melangkah ke fase selanjutnya andai bertekuk lutut di hadapan Chow/Lee.

Dari ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan masih punya peluang lolos babak penyisihan Grup B meski mengalami kekalahan pada laga kedua.

Satu-satunya wakil Indonesia di ganda putra itu dikalahkan pasangan asal Korea Selatan Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae dengan skor 19-21, 16-21 dalam pertandingan berdurasi 36 menit.

Meski kalah, Ahsan/Hendra tetap punya peluang maju ke semifinal. Pasalnya, di laga pembuka mereka menang atas Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia).

Untuk itu, di pertandingan ketiga sekaligus yang terakhir pada babak penyisihan grup B, Jumat, Hendra/Ahsan harus bisa menundukkan wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

“Untuk pertandingan besok, kami harus siap capek sajalah. Performa mereka juga lagi bagus. Jadi yang penting besok main saja dengan maksimal,” tutur Hendra.

Dari sektor ganda campuran, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang di laga perdana sehari sebelumnya menelan kekalahan, membuka asa melaju ke babak selanjutnya usai menaklukkan wakil Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Hettrich 21-15, 20-22, 15-21.

Sukses Hafiz/Gloria diikuti rekan senegara Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang turut bangkit meraih kemenangan di laga kedua atas Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris) 20-22, 19-21. Praveen/Melati pun menjadi wakil keempat dari lima wakil Indonesia yang menjaga peluang lolos ke semifinal.

Sedangkan satu-satunya wakil Indonesia di tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting tersingkir di fase grup usai dikalahkan Chou Tien Chen 19-21, 11-21. Sebelumnya, Ginting juga kalah dari pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen dengan 17-21, 8-21. (18/ant/cnni)

  • Bagikan