PBVSI Galakkan Kejuaraan Jaring Atlet PON 2024

  • Bagikan
Waspada/Ist

SERGAI (Waspada): Pengprov PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) Sumatera Utara menggalakkan kejuaraan untuk menjaring atlet potensial dari kabupaten dan kota untuk persiapan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Demikian dikatakan Ketua Pengprov PBVSI Sumut Wiko Lovino Siregar (foto), saat menyaksikan pembukaan kejuaraan voli pasir antar pelajar di Pantai Cemara Kembar, Serdang Bedagai, Selasa (7/12).

Kejuaraan ini sebagai pemanasan bagi atlet pelajar yang sudah lama merindukan kejuaraan yang sempat vakum akibat kondisi PPKM selama pandemi Covid -19.

“Selama Covid 19 ini program berhenti, begitu pula dengan pertandingan. Jadi turnamen ini kick-off bagi PBVSI Sumut untuk menggulirkan program selanjutnya,” ucap Wiko.

“Program unggulan yang dilakukan adalah menjaring atlet potensial untuk tim bola voli putra dan putri, baik indoor maupun voli pasir,” tambahnya.

Pihaknya mengupayakan 33 kabupaten/kota hadir mengikuti Kejuaraan Voli Pasir Pelajar 2021, tapi pesertanya hanya sembilan daerah karena banyak kendala di antranya ujian semester. 

Tetapi Wiko tetap mengapresiasi Dispora Sumut yang telah melaksanakan kejurda. PBVSI juga sudah menyiapkan kalender iven mulai kejuaraan tingkat daerah, wilayah hingga provinsi, termasuk Porprovsu 2022 pada November mendatang.

“Voli pasir nantikan di PON 2024 ada medalinya. Sehingga mulai Februari atau Maret 2022 untuk voli pasir kita buat iven sampai Porprovsu 2022. Jadi prosesnya panjang ini,” jelas Wiko.

Tidak hanya giat dalam rencana menggulirkan kejuaraan demi prestasi maksimal pada PON 2024, bola voli Sumut juga akan mendatangkan pelatih asing asal Jepang. Makanya, Wiko berharap paling lama Desember 2022, sudah terbentuk skuad bayangan tim voli Sumut.

“Desember 2022 PBVSI Sumut targetnya sudah punya bayangan untuk atlet PON, baik voli indoor maupun voli pasir. Karena Agustus 2023, PBVSI Sumut akan mendatangkan pelatih dari Jepang untuk membina Tim PON 2024,” tegas Wiko.

“Minggu depan tim Jepang akan survei ke Medan. Jika kita betul-betul serius sebagai tuan rumah, ya kita harus berbuat sesuatu. Pembinaan nanti di Medan, tapi 2023 itu sudah KONI yang ambil menuju PON 2024,” pungkasnya.  (m08)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *