Waspada
Waspada » Paraguay Puas Tahan Tango
Headlines Olahraga

Paraguay Puas Tahan Tango

KAPTEN Argentina Lionel Messi (kanan), bertarung seimbang dengan bek Paraguay Gustavo Gomez di Estadio Alberto Jose Armando, Buenos Aires. AFP

BUENOS AIRES (Waspada): Timnas Paraguay puas menahan seri 1-1 tuan rumah Argentina pada matchday 3 Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan, Jumat (13/11) pagi WIB.

“Puas rasanya karena kami memiliki pertahanan yang solid. Argentina lawan yang selalu menuntut Anda untuk bertahan dengan baik,” papar Eduardo Berizzo, pelatih Paraguay asal Argentina.

“Jadi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain atas kerja keras mereka. Poin ini hadiah untuk mereka,” tambah Berizzo.

Meski berstatus tamu di Estadio Alberto Jose Armando, Buenos Aires, La Abirroja sempat unggul lebih dulu lewat gol penalti Angel Romero. Tim Tango membalasnya 20 menit berselang dengan gol Nicolas Gonzales.

“Kami terpaksa mengubah strategi dari bertahan secara man-to-man menjadi zona di babak kedua. Kami berhasil menutup ruang, sehingga mereka tidak bisa mengoper ke arah pemain yang berdiri bebas,” beber Berizzo.

Menurut Fabian Balbuena, bek sentral Paraguay yang merumput klub West Ham United itu, tambahan satu poin dari markas Argentina meningkatkan kepercayaan diri untuk menatap laga berikutnya. La Abirroja selanjutnya menjamu Bolivia pada matchday 4, Rabu (18/11) pagi WIB.

“Kami tahu bermain tandang melawan rival yang berat. Tetapi kami mampu bermain bagus dan membawa pulang satu angka,” klaim Balbuena.

“Ini sungguh positif. Kami bisa menambah kepercayaan diri untuk menatap pertandingan berikutnya,” tambah bek senior berumur 29 tahun dengan tinggi badan 188cm tersebut.

Tim Tango mengambil inisiatif serangan sejak duel dimulai. Lionel Messi dan kawan-kawan ingin terus melanjutkan catatan positif yang telah mereka raih di dua laga sebelumnya.

Tetapi Argentina justru tertinggal lebih dahulu. Wasit memberikan Paraguay hadiah penalti, setelah Lucas Martinez melanggar pemain sayap Miguel Almiron. Romero sebagai eksekutor sukses melakukan tugasnya dengan membobol gawang kiper Franco Armani menit 21.

Berusaha bangkit dengan terus menekan tamunya, La Albiceleste baru berhasil menyamakan kedudukan menit 21 lewat aksi Gonzalez. Memanfaatkan umpan sepak pojok Giovani Lo Celso, Gonzalez menyundul bola untuk melewati kiper Anthony Silva.

Argentina terus menyerang pada babak kedua dan kapten Messi sempat membobol gawang Paraguay menit 58. Tetapi gol itu dianulir karena VAR melihat Nicolas Dominguez terlihat melanggar Romero sebelum terjadi gol La Pulga alias Si Kutu.

Menit 73 Messi kembali mendapat peluang emas untuk mencetak gol. Megabintang Barcelona itu melepaskan tembakan tajam, namun bola masih melenceng tipis dari gawang Silva.

“Penampilan babak kedua adalah yang terbaik. Argentina menaklukkan lawannya, memasukkan mereka dalam 30 meter terakhir,” tutur pelatih Argentina Lionel Scaloni.

“Itulah yang bisa dilakukan melawan rival yang menumpuk banyak pemain di belakang garis penguasaan bola dan mencari hasil imbang,” sentil Scaloni.

Jelang laga berakhir, Tango benar-benar tampil dominan dengan mengurung tamunya. Namun Lautaro Martinez cs tak kuasa mengubah skor sekaligus gagal melanjutkan tren positifnya.

“Jelas kami juga harus memperbaiki banyak hal. Kami merasa pahit karena tim melakukan segalanya untuk menang, tetapi yang terpenting tim kami segera pulih,” tegas Scaloni.

“Kami mencoba untuk menang, tetapi nyatanya kemenengan itu tidak didapat.  Begitu kami menekan, kami menemukan lebih banyak ruang,” timpal Nicolas Otamendi, bek sentral Tango yang bermain di Manchester City. (m08/afp/goal)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2