Panser Tetap Puas

  • Bagikan
Goal

BUKAREST (Waspada): Gol semata wayang Serge Gnabry (foto kanan), memastikan kemenangan 1-0 Jerman di markas Rumania pada matchday 2 Grup J Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Kemenangan tipis di Stadion National Arena, Bucharest, Minggu (Senin WIB) itu, ternyata sudah cukup memuaskan bagi Gnabry dan pelatih Joachim Loew.

“Tiga poin ini penting bagi kami. Pada akhirnya ini memuaskan, tidak masalah bagaimana kita mendapatkannya,” beber gelandang serang Bayern Munich itu, Senin (29/3).

“Kami bermain bagus dan menciptakan peluang dengan baik, tetapi kami harus konsisten melakukannya. Tapi itu jelas bukan langkah mundur dari permainan melawan Islandia (menang 3-0),” tambah gelandang serang Bayern Munich tersebut.

Gnabry mencetak golnya menit 16 dengan sontekan mudah, menyelesaikan umpan tarik matang kiriman Kai Havertz di muka gawang tim tuan rumah.

Tiga menit sebelumnya, Rumania sebetulnya punya peluang bagus yang dihasilkan umpan silang terukur kiriman Vlad Chiriches. Tetapi tembakan sentuhan pertama Valentin Mihalia masih melenceng dari sasaran.

Empat menit selepas gol pembuka keunggulan Der Panzer, Joshua Kimmich melepaskan tembakan voli yang masih membentur mistar gawang Rumanis. Bola muntah yang berusaha disambar Gnabry dapat dihalau kiper Florian Nita.

“Rumania jelas lebih baik dibandingkan Islandia. Secara keseluruhan, kami bekerja sangat baik melawan mereka, kami memiliki beberapa kombinasi yang sangat bagus, ” klaim Loew.

“Jika ada yang perlu dikritik, itulah cara kami memaksimalkan peluang. Kami bisa saja membuat permainan lebih mudah, tapi yang terpenting mendapatkan tiga poin, jadi kami tetap puas,” tegas suksesor Jurgen Klinsmann itu.

Dalam laga itu, Panser muncul dengan pesan samar dalam protes terbaru yang mereka tujukan kepada Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia 2022. Jerman bergabung dengan Denmark, Norwegia dan Belanda dalam gerakan yang berkembang untuk mendukung pekerja yang terlibat dalam pembangunan venue Piala Dunia di negara Timur Tengah tersebut.

Sebelum kick-off melawan Rumania, tim Panser muncul dengan nomor menghadap ke depan. Gerakan halus itu dimaksudkan untuk menarik perhatian pada 30 poin deklarasi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Akun Instagram timnas sepak bola Jerman mengunggah foto tim dengan menuliskan “Kami 30!” di kolom keterangan gambar.

“Kami semua mendukung permainan yang adil, tidak hanya di lapangan, tetapi juga di luar lapangan,” kata kapten Jerman Manuel Neuer.

“Kami mendukung 30 pasal hak asasi manusia ini untuk keberagaman dan menentang diskriminasi. Itulah yang ingin kami tunjukkan dan ide itu datang lagi dari tim,” beber Neuer.

Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB) mendukung protes tersebut. “Setiap tanda kuat dan efektif,” kata Presiden DFB Fritz Keller.

“Tapi tentu saja kami harus dan akan terus bersuara. Kami bermain untuk orang dan bukan untuk pemerintah,” tambah Keller. (m08/afp)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.