Waspada
Waspada » Pabersi Sumut Kirim 16 Atlet Invitasi Nasional
Olahraga

Pabersi Sumut Kirim 16 Atlet Invitasi Nasional

PARA atlet Pabersi Sumut pose bersama Pelatih Rico Goncalwes Sirait SH MH, Ade Irwan Sipayung SH dan Pratiwi Septya Utami SPd. Waspada/Jonny Silalahi

MEDAN (Waspada): Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi) Sumut mengirimkan 16 atlet junior mengikuti Invitasi Nasional Angkat Berat Yunior 2021 di Padepokan Gajah Lampung Pringsewu 6 hingga 9 Juni 2021.

Selain memberangkatkan 16 lifter, Pabersi Sumut pimpinan Hermansyah Damai Hutagalung SH MH juga mengikutsertakan lima wasit mengikuti penataran tingkat nasional yang juga digelar di Lampung.

Keberangkatan para lifter dan wasit angkat berat Sumut dengan menggunakan Bus Dispora Sumut, dilepas resmi Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis bersama Plt Sekdispora Sumut Rudi Rinaldi SSos MAP, Sekum Chairul Azmi Hutasuhut, Wakil Ketua II Sakiruddin SE MM, Ketua Umum Pabersi Sumut Hermansyah Damai Hutagalung SH MH, Sekum Goncalwes Sirait SH MH, Ketua Pabersi Medan Dingin Pakpahan SH MH.

Hermansyah Hutagalung saat melaporkan keberangkatan kontingen menjelaskan, keikutsertaan para lifter muda Sumut tidak sekadar ingin gagah-gagahan, tapi memang ingin membuktikan bahwa angkat berat Sumut dapat diandalkan.

Dijelaskan, sejak kepengurusannya dilantik Oktober 2020 atau tidak lagi bergabung di bawah naungan PABBSI, pihaknya menjalakan program untuk menjaring talenta-talenta atlet termasuk dengan menggelar kejuaraan di Gedung PABBSI Sumut dan Medan Open.

Dari kedua event tersebut terjaring beberapa atlet yang kemudian diseleksi kembali menghadapi invitasi ini. “Hasil seleksi itulah terjaring atlet-atlet yang saat ini mengikuti invitasi,” ujarnya.

“Meski mereka masih berusia muda, catatan angkatan para atlet cukup menjanjikan sehingga dinilai layak mengikuti invitasi nasional,” tambahnya.

Hermansyah membenarkan, salah satu tujuan dari program Pabersi Sumut adalah menjaring atlet yang nantinya dipersiapkan menghadapi PON XXI/2024 di Aceh-Sumut.

“Kita bersyukur, berhasil menjaring atlet-atlet usia muda yang diharapkan bisa berprestasi di masa mendatang,” tambahnya.

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis di hadapan para atlet mengaku senang berjumpa dan melepas langsung keberangkatan kontingen angkat berat dengan jumlah banyak.

“Dalam angkat berat, junior dan senior bedanya cuma karena usia. Kalau untuk prestasi, tentunya dibedakan angkatan,” katanya.

John bahkan menyebutkan, prospek para atlet junior untuk tampil di PON 2024 sangat terbuka. Rasa sukacitanya semakin lengkap, tambah John, karena di antara atlet yang diberangkatkan, turut para lifter wanita.

“Selama ini Sumut kesulitan atlet wanita. Untuk PON XX/2021 di Papua, hanya satu lifter angkat berat wanita Sumut yang lolos yakni Luwigita. Namun di PON 2024, diharapkan lebih banyak lagi atlet wanita yang lolos,” jelasnya.

John tidak lupa mengingatkan seluruh anggota kontingen tetap menjalakan protokol kesehatan, menerapkan 3M. “Kalian sudah  tes antigen, semuanya negatif. Tapi tetap waspada terutama saat turun dari bus. Juni sampai Juli ini puncaknya Covid. Jangan pulang bawa Covid, tapi pulang lah dengan membawa prestasi,” jelasnya disambut tepuk tangan para atlet.

Atlet Pabersi Sumut yang tampil di Invitasi Nasional adalah Angel (52 Kg), Maria br Sirait (57 Kg), Desni (84Kg), Siti Fadila (63 Kg), Fernando (93 Kg) dan Andreas 83 Kg (seluruhnya dari Medan).

Asal Tanah Karo Hendrik Hutabarat (58 Kg), Gilbert Haloho (83 Kg), Abdul Niko Reza (74 Kg) dan Yudha Yunior Ginting (83 Kg). Asal Tapsel Idar Nerlin (76 Kg), Sadina Solih.

Asal Binjai Allya Mantondang (47 Kg) dan Putri Wulandari (52 Kg). Dari Labuhanbatu Moses (74 Kg), Jeremi (105 Kg). (m08)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2