Nurul Akmal Dapat Hadiah Rumah - Waspada

Nurul Akmal Dapat Hadiah Rumah

  • Bagikan
NURUL Akmal, putri Aceh saat mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 pada cabang olahraga angkat besi. Nurul menduduki posisi lima besar kelas +87 kg. Antara

BANDA ACEH (Waspada): Pemerintah Aceh memberikan apresiasi kepada Nurul Akmal, putri Aceh yang mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 pada cabang olahraga angkat besi kategori lifter putri.

Apresiasi itu diwujudkan dalam bentuk pembangunan satu unit rumah yang akan dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Aceh Perubahan (APBA-P).

“Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi Nurul Akmal. Sesuai arahan Gubernur Aceh, satu unit rumah akan dibangun untuk Nurul,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, Dedi Yuswadi, di Kantor Gubernur Aceh, Selasa (3/8)

Dedi mengatakan untuk mendukung kegiatan Nurul sebagai atlet angkat besi, Pemerintah Aceh juga sudah mengangkat yang bersangkutan sebagai tenaga kontrak di Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh. Hal tersebut penting untuk memberikan ekonomi yang baih bagi sang atlet.

Untuk diketahui, lifter putri Nurul Akmal menjadi penutup penampilan Tim Indonesia di cabang angkat besi dengan menempati peringkat lima kelas +87 kg yang berlangsung di Tokyo International Forum, Senin (2/8) malam WIB.

Lifter yang akrab dipanggil Amel itu melakukan angkatan 115 kg di snatch dan 141 kg di clean dan jerk untuk mencatat total angkatan 256 kg.

Lifter kelahiran Banda Aceh itu mengawali kompetisi dengan mengangkat beban 107 kg di kesempatan pertama snatch. Secara bertahap, Amel menambah bebannya menjadi 111 kg dan 115 kg untuk mengakhiri sesi snatch di urutan kelima.

Dengan posisi relatif aman di peringkat lima, tim pelatih mulai menjalankan strategi untuk mendongkrak peringkat Amel. Sesi clean & jerk diawali dengan beban 141 kg.

Dalam usaha menaikkan peringkat, Amel melakukan angkatan 151 kg di kesempatan kedua, namun gagal. Tim pelatih kembali menambah beban menjadi 154 kg di percobaan ketiga dan Amel kembali gagal.

Bagi Amel, bisa tampil di Olimpiade merupakan pengalaman yang luar biasa.

“Sungguh sulit dijelaskan. Saya deg-degan banget. Alhamdulillah, angkatan snatch bagus, tapi di clean dan jerk saya agak terburu-buru di angkatan kedua dan ketiga,” kata Amel.

“Saya mendapat pengalaman hebat di sini karena selama ini hanya berhadapan dengan lawan dari Asia. Kali ini ada yang dari Eropa, bahkan dari seluruh dunia,” tambahnya.

Medali emas kelas +87 kg direbut oleh lifter China pemegang rekor dunia kelas +87 kg, Li Wenwen, dengan total angkatan 320 kg (snatch 140 kg dan clean and jerk 180 kg) yang menjadi rekor baru Olimpiade di kelas tersebut.

Medali perak diraih oleh lifter Inggris Raya Emily Jade Campbell dengan total angkatan 283 kg (snatch 122 kg dan clean and jerk 161 kg). Emily Campbell menjadi lifter perempuan pertama Inggris yang menyumbang medali Olimpiade.

Lifter Amerika Serikat Sarah Elizabeth Robles mengamankan medali perunggu dengan angkatan total 282 kg (snatch 128 kg dan clean and jerk 154 kg).

 

Greysia/Apriyani

Bonus rumah juga didapat peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dari cabor bulutangkis. Bonus rumah datang dari pihak swasta bidang pengembang perumahan PIK2 yakni Agung Sedayu Group.

“Kami bangga dan terharu atas keberhasilan srikandi Indonesia, Greysia Poli dan Apriyani Rahayu. Besar harapan kami hadiah rumah tinggal di PIK2 bagi kedua putri terbaik bangsa ini bisa menyemangati untuk terus berprestasi,” kata CEO Agung Sedayu Group, Steven Kusumo dalam keterangan resminya, Selasa (3/8).

Bonus juga diberikan Anggota DPR RI Hj Tina Nur Alam kepada Apriyani Rahayu. Bonus berupa uang tunai Rp100.000 diterima ayah Apriyani, Amiruddin di kediamannya Desa Lawulo, Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa.

“Ini hadiah Rp100 juta sebagai apresiasi atas prestasi adinda Apriyani Rahayu merebut medali emas ganda putri pertama di ajang Olimpiade. Salam dari Pak Nur Alam,” kata Hj. Tina Nur Alam.

Sontak hadiah uang tunai yang diterima ayahanda Apriyani Rahayu disambut dengan ucapan syukur keluarga dan kerabat yang turut menyaksikan momentum membahagiakan itu.

“Terima kasih, Alhamdulillah. Salam kepada Pak Nur Alam. Semoga bapak Nur Alam dan Ibu senantiasa sehat, mudah rezeki dalam lindungan Allah SWT,” kata Amiruddin dengan suara terbata-bata. (b03/b04/I)

  • Bagikan