Waspada
Waspada » NPC Sumut Jaring Atlet Pelapis Menuju 2021
Olahraga

NPC Sumut Jaring Atlet Pelapis Menuju 2021

MEDAN (Waspada): Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat dan tekad besar Pengurus National Paralympic Committee (NPC) Sumut untuk terus menjaring atlet potensial.

Dari hasil rapat pengurus dengan jajaran pelatih cabor beberapa waktu lalu, disepakati bakal dilakukan penjaringan atlet hingga ke kabupaten/kota dengan melibatkan langsung pelatih tiap-tiap cabor sebagai tim talent scouting. juga bekerjasama NPC kabupaten dan kota.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting (foto), mengatakan penjaringan atlet difokuskan untuk mempersiapkan atlet pelapis selain atlet yang saat ini masuk Program Pembinaan Intensif (PPI).

“Kita harus persiapkan atlet pelapis kedua dan ketiga. Selain progres untuk tahun 2021, tapi kita siapkan mereka menuju 2024. Makanya kita kerjasama dan berkoordinasi dengan NPC kabupaten/kota dalam pembinaan atlet,” ucap Alan, Kamis (11/6).

Menurut Alan, sistem penjaringan atlet dilakukan dengan menjemput langsung ke daerah sebagai upaya memaksimalkan kinerja tim pelatih dalam mencari bibit–bibit atlet potensial di daerah sebagai tahap awal proses seleksi daerah (Selekda) yang biasa rutin dilaksanakan NPC Sumut dalam mencari bibit–bibit baru sebagai generasi atlet senior.

“Sistemnya karena tahun ini gak ada kegiatan akibat Covid -19, maka NPC Sumut membawa pelatih (talent Scouting) ke daerah untuk membina atlet di cabor tertentu. Sementara sebelum ada Selekda ini kita buat seperti itu,” katanya.

Sangat Penting

Dikatakan, penjaringan atlet pelapis dinilai sangat penting terutama untuk mempersiapkan atlet menuju berbagai ajang multi event di tahun 2021. Mulai dari Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas), Asean Para Games Vietnam dan Paralimpiade di Tokyo.

“Untuk 2021 selain Peparnas ada Paragames di Vietnam dan paralimpiade di Jepang. Khusus menuju Vietnam kan ada Seleknas yang biasanya dilaksanakan melalui Kejurnas. Makanya kita siapkan atlet lain di luar Pelatnas yang ada sebelumnya 25 orang,” katanya.

Untuk 25 atlet NPC Sumut yang tergabung dalam Pelatnas, mulai Juni ini serentak mengikuti program jangka panjang yang disusun oleh masing–masing pelatih di pusat. Program jangka panjang menuju APG dan Paralimpiade tahun depan dilakukan secara daring atau virtual.

“Juni ini beberapa atlet kita mengikuti program Pelatnas jangka panjang jarak jauh. Makanya pelatih kita kondisikan bisa memberikan program latihan kepada atletnya yang masuk dalam program PPI dan Pelatnas,” harap Alan.

Lanjut Alan, selama masa pandemi Covid -19, NPC Sumut tetap memberlakukan dua metode latihan secara terpusat. Mulai dari latihan di rumah masing–masing hingga latihan di Sekretariat NPC Sumut dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan Covid-19.

“Masalah pandemi ini kita tetap masih waspada. Makanya masih latihan mandiri. Seiring waktu berjalan kita mengikuti putusan pemerintah terkait Covid -19, makanya latihan atlet di daerah kita pantau melalui pelatih masing-masing,” tukasnya. (m33)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2