Mueller Merasa Prancis Berbeda

  • Bagikan
FIFA

BERLIN (Waspada): Thomas Mueller (foto kiri) mencetak gol internasional pertamanya dalam kurun tiga tahun terakhir tatkala Jerman pesta gol menggasak tim kecil Latvia 7-1 dalam laga pemanasan terakhir mereka menuju Euro 2020.

Laga kandang Der Panzer itu di Merkuer Spiel-Arena, Duisburg, Senin (Selasa WIB), menghadirkan catatan manis tersendiri untuk kiper Manuel Neuer. Kapten Bayern Munich itu menjadi kiper pertama Jerman yang sanggup membukukan 100 penampilan.

Berkat tambahan satu golnya ke gawang Latvia, Mueller mengukir rekor istimewa bersama timnas. Bintang Bayern berusia 31 tahun itu sekarang telah menjebol gawang 26 tim berbeda. Mueller hanya kalah dari legenda Michael Ballack dan Miroslav Klose (keduanya 35 tim), Jurgen Klinsmann (31) dan Lukas Podolski (30).

Hanya saja Mueller merasa Latvia sangat berbeda dengan juara dunia Prancis, lawan perdana Panser pada babak penyisihan Grup F Euro 2020. Jerman asuhan pelatih Joachim Loew di grup maut itu juga mesti bersaing dengan juara bertahan Portugal dan tim kuda hitam Hungaria.
“Hasil bukanlah hal paling penting, karena yang lebih utama tentang cara kami bermain sepakbola dan menerapkan berbagai hal,” beber Mueller yang membukukan gol pertamanya untuk Jerman sejak Maret 2018.

“Rasanya menyenangkan menang meyakinkan, tetapi kami tahu bahwa Prancis lawan yang berbeda dan itu jelas,” ujarnya lagi, seperti dikutip dari AFP, Selasa (8/6).

Latvia yang hanya berperingkat 138 dunia, sangat jarang keluar dari area pertahanannya dalam laga tersebut. Kiper Manuel Neuer pun melewati salah satu malam yang paling santai sepanjang kariernya.

Sebagian besar waktu kiper berumur 35 tahun itu belum teruji sampai akhirnya gelandang Latvia Aleksejs Saveljevs melewati barisan pertahanan Jerman dan mencetak gol hiburan 15 menit sebelum laga usai.

Sedangkan Joachim Loew membuat empat perubahan dari tim yang sebelumnya ditahan imbang 1-1 oleh Denmark. Bek Chelsea Antonio Ruediger yang terus menembus pertahanan Latvia bersama rekan seklubnya Kai Havertz, tampil impresif di lini depan.

Di lini tengah, pemain Manchester City Ilkay Gundogan yang bermitra dengan Toni Kroos dari Real Madrid juga tampil solid.

Havertz sukses menerobos pertahanan Latvia untuk membantu terciptanya gol pembuka oleh bek kiri Robin Gosens yang mengukir gol internasional pertamanya. Berselang 86 detik Gundogan mencetak gol kedua.

Jerman unggul 3-0 dalam 27 menit pertama ketika Mueller mencetak gol ke-39 dalam 102 pertandingannya untuk Der Panzer.

Skor menjadi 5-0 saat turun minum, ketika kiper Latvia Robert Ozols memasukkan bola ke gawangnya sendiri dan tendangan voli Serge Gnabry ke pojok atas merobek gawang Latvia.

Timo Werner yang menggantikan Havertz di babak kedua, melepaskan tembakan di antara kedua kaki Ozol guna menciptakan gol keenam Jerman menit 50.

Pasukan Loew terkecoh ketika tembakan luar biasa Saveljevs melewati Neuer yang tidak mampu menjangkau bola. Namun Leroy Sane akhirnya menebus kesalahannya dengan memanfaatkan umpan Mueller. (m08/afp)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.