Waspada
Waspada » Mourinho Menolak Rehat
Olahraga

Mourinho Menolak Rehat

Yahoo Sports

LONDON (Waspada): Jose Mourinho (foto) tersenyum dan mengatakan tidak butuh masa rehat pasca dipecat dari jabatannya sebagai manajer Tottenham Hotspur.

Diwawancarai Sky Sports saat hendak menuju mobilnya, Senin (Selasa WIB), pria asal Portugal itu tetap tampak bersemangat sekaligus optimistis bakal melatih lagi dalam waktu dekat.

“Anda tahu saya. Saya tidak akan mengatakan apa-apa,” papar mantan pelatih Manchester United dan Chelsea tersebut.

Namun dia segera memberikan pernyataan yang lebih jelas menyangkut masa depannya. “Tidak perlu istirahat atau mengisi ulang baterai. Saya selalu di sepakbola,” tegas Mourinho.

Pelatih taktikal yang pernah dijuluki The Special One itu meninggalkan Tottenham di posisi ketujuh klasemen Liga Premier. Tetapi Spurs akan mentas pada final Piala Liga Inggris melawan Manchester City di Stadion Wembley, London, 25 Mei mendatang.

Mourinho mencatat persentase kemenangan terendah (51%) dalam karier manajerialnya sejak awal menjalani dunia kepelatihan di Uniao de Leiria pada 2001. Bulan terakhirnya diwarnai dengan tersingkirnya Harry Kane cs dari Liga Europa melawan Dinamo Zagreb.

Menurut laporan The Sun, manajemen Spurs wajib mengeluarkan uang pesangon sebesar 15 juta pounds atau sekira Rp304,5 miliar kepada pria berusia 58 tahun tersebut.

Mourinho mempunyai karier yang mentereng sebagai pelatih dengan memenangkan dua trofi Liga Champions bersama FC Porto dan Inter Milan. Dia juga telah merebut trofi Liga Premier bersama Chelsea, Serie A (Inter) dan La Liga (Real Madrid), Mourinho sudah lima kali dipecat dari empat klub berbeda.

Dia pertama kali dipecat pada September 2007 setelah membawa Chelsea memenangkan dua trofi Liga Premier dengan uang kompensasi 18 juta pound atau sekira Rp365,3 miliar.

Pemecatan kedua terjadi enam tahun berselang, karena gagal mengantarkan Madrid merebut trofi mayor pada musim 2012/2013 dengan kompensasi 18 juta pounds (Rp345 miliar).

Mourinho kembali ke Chelsea pada 2013 dan hanya bertahan 2,5 tahun. Dia dipecat pada pengujung Desember 2015 dan menerima Rp253,6 miliar.

Giliran Manchester United yang kemudian memecatnya pada paruh pertama musim 2018/2019 dengan pembayaran ganti rugi 15 juta pounds (Rp304,4 miliar).

Jika dikalkulasi, dia berarti telah menerima uang pesangon sebesar 77,5 juta pounds atau sekira Rp1,57 triliun.

Dia hanya 17 bulan menangani Spurs dengan melakoni 88 pertandingan di semua kompetisi. Di tangan Mourinho, Spurs memetik 44 kemenangan, 19 seri dan 23 kali kalah.

Kini The Lilywhites akan mengawali perjuangan tanpa Mourinho untuk menembus zona empat besar Liga Premier dengan menjamu Southampton pada matchday 33, Kamis dinihari mulai pkl 0000 WIB. (m08/sky)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2