Waspada
Waspada » MotoGP Indonesia Ditunda Maret 2022
Olahraga

MotoGP Indonesia Ditunda Maret 2022

MotoGP Indonesia direncanakan Oktober 2021 di sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Twitter MotoGP

JAKARTA (Waspada): Pandemi Covid-19 dan belum rampungnya Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara, memaksa rencana balapan MotoGP di Indonesia ditunda dari rencana semula Oktober 2021 menjadi Maret 2022.

Demikian disampaikan Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) dalam rilisnya pada Jumat (9/4). Sedangakan untuk target Mandalika International Street Circuit menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia World Superbike (WSBK) pada 14 November 2021 ITDC optimistis tetap terlaksana.

“Namun, mengingat masih berlangsungnya pandemi Covid-19, semua pihak sepakat menyelenggarakan ajang pertama FIM MotoGP World Championship Grand Prix atau MotoGP di sirkuit ini awal musim depan yaitu pada Maret 2022,” kata ITDC yang menjadi pengembang Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Keputusan ini tak lama setelah perwakilan federasi balap motor internasional FIM dan Dorna Sports yang menjadi pemegang hak komersial MotoGP dan WSBK, menginspeksi pra-homologasi di Sirkuit Mandalika pada Rabu.

Dorna Sports diwakili oleh Managing Director Carlos Ezpeleta dan Loris Capirossi selaku promotor, sedangkan FIM mengirimkan safety officer Franco Ucini yang juga mantan juara dunia 500cc 1982.

Selama inspeksi, perwakilan FIM dan Dorna Sports yang didampingi oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer dan CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah, mengaku terkesan pada kemajuan proyek Mandalika International Street Circuit.

Ketika mendampingi perwakilan Dorna dan FIM, Abdulbar optimistis pengerjaan sirkuit yang masih kurang lebih 60 persen itu bakal rampung pertengahan tahun untuk mengejar target homologasi dari Dorna.

Meski demikian, restu Dorna tidak akan ada artinya apabila pandemi Covid-19 belum terkendali di Indonesia. Memang, Dorna telah sukses menyelenggarakan 13 Grand Prix pada 2020 di musim yang terpukul oleh krisis kesehatan global, tetapi tak sedikit negara-negara yang memiliki infrastruktur lengkap sebagai tuan rumah Grand Prix batal menggelar balap MotoGP karena pandemi dan pembatasan perjalanan yang rumit.

Keputusan menunda MotoGP menjadi Maret 2022 itu resmi disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir seperti dikutip rilis ITDC.

“Saya mendukung penuh penyelenggaraan MotoGP pada Maret 2022. Hal ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional oleh pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keselamatan seluruh pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri,” kata Erick.

CEO MGPA ketika ditemui di Lombok Tengah pada Rabu sebenarnya memberikan sinyal bahwa pandemi akan menjadi tantangan terbesar bagi penyelenggaraan MotoGP di Indonesia meskipun Sirkuit Mandalika bisa rampung tahun ini.

“Saya rasa ini adalah tantangan global, pandemi tak hanya mempengaruhi Indonesia tetapi seluruh negara di dunia,” kata Ricky.

“Kita telah melihat Dorna menyelesaikan tugas sangat luar biasa dengan menggelar 13 balapan taun lalu. Saya harap kami bisa meneruskan jalur kesuksesan ini dan sangat penting bagi kami untuk mempertimbangkan aspek keselamatan dengan sangat serius,” katanya. (m18/ant)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2