Waspada
Waspada » MotoGP Indonesia Direncanakan Oktober 2021
Headlines Olahraga

MotoGP Indonesia Direncanakan Oktober 2021

MotoGP Indonesia direncanakan Oktober 2021 di sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Twitter MotoGP

JAKARTA (Waspada): Gelaran MotoGP Indonesia direncanakan Oktober 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Namun, pengumuman resmi jadwal MotoGP Indonesia akan dirilis Dorna pada Agustus 2020.

Kepastian tersebut diungkapkan Chief Strategic Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy K. Harinto, Kamis (30/1).

“Untuk jadwal balapan 2021 di Mandalika International Street Circuit kami masih menunggu pengumuman resmi dari Dorna pada Agustus 2020,” ujar Harinto.

“MotoGP Indonesia direncanakan Oktober 2021 agar persiapan dan ujicoba sirkuit bisa semakin matang,” sambung Harinto.

MGPA dan Dorna selaku operator ajang MotoGP sudah mencapai kesepakatan untuk menggelar balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika hingga 2025. Saat ini pembangunan Sirkuit Mandalika terus dikejarkan dan dijadwalkan selesai akhir 2020.

Pihak MGPA menjadwalkan Sirkuit Mandalika akan dijajal para pebalap MotoGP pada awal 2021 dan menjadi salah satu tes pramusim.

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika akan menjadi balapan sirkuit jalanan pertama di MotoGP. Pada MotoGP 2021, Indonesia akan bergabung dengan dua negara Asia Tenggara lain yang sudah lebih dulu menggelar balapan Grand Prix, yakni Malaysia dan Thailand.

Terkait penjualan tiket MotoGP Indonesia, Presiden Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer mengatakan akan dimulai Agustus 2020 ketika Dorna sudah merilis jadwal resmi untuk MotoGP 2021.

“Baru kami buka tanggal 20 Januari 2020 untuk pre-booking dan sekarang sudah terjual tiga ribu. Saat ini masih pre-booking, tunggu pengumuman Agustus 2020 (soal harga tiket),” ucap Abdulbar.

Ambisi Bawa Rossi

Pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akan tetap berusaha membawa Valentino Rossi menjajal Sirkuit MotoGP Indonesia pada 2021.

Masa depan Rossi di MotoGP menjadi misteri setelah Yamaha memutuskan untuk mendepak The Doctor dan menggantinya dengan Fabio Quartararo mulai 2021. Rossi mengaku akan mengambil keputusan masa depan di pertengahan MotoGP 2020.

Presiden Direktur ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan pihaknya akan tetap berusaha membawa Rossi ke Sirkuit Mandalika yang akan menjadi lokasi balapan MotoGP Indonesia pada 2021.

Sirkuit Mandalika berpeluang menjadi salah satu venue tes MotoGP 2021 pada awal tahun depan. Abdulbar berharap Rossi bisa menjajal Sirkuit MotoGP Indonesia di momen itu.

“Kalau Rossi, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di depan Presiden [Joko Widodo] awal 2019 bilang Rossi ingin tetap mencoba Sirkuit Mandalika,” beber Abdulbar.

“Kami lagi berusaha membawa Rossi ke kantor kami, tapi tanggal 4 Februari ini kan dia ke Indonesia yang membawa pabrikan motornya, jadi agak sulit. Tapi, tahun depan ketika Sirkuit Mandalika sudah pasti menjadi tempat tes, kami akan coba ‘mencuri’ Rossi sebentar. Semoga dia masih punya semangat untuk melanjutkan karier di MotoGP,” sambung Abdulbar. (m42/cnni)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2