Waspada
Waspada » Morbidelli Tercepat FP2 MotoGP Catalunya
Olahraga Otomotif

Morbidelli Tercepat FP2 MotoGP Catalunya

AFP

BARCELONA (Waspada): Pebalap Petronas, Franco Morbidelli (foto), menjadi yang tercepat dalam latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Catalunya 2020 di Sirkuit Barcelona, (Jumat 25/9). Sedangkan Valentino Rossi di tempat kesembilan.

Franco Morbidelli di tempat terdepan dengan waktu 1 menit 40,672 detik ketika FP2 berjalan 7 menit. Catatan itu membuat Morbidelli hanya tertinggal 0,2 detik di belakang Quartararo pada FP1.

Morbidelli pun memperbaiki catatannya menjadi 1 menit 40,573 detik. Rookie Brad Binder dan Alex Rins membuntuti Morbidelli di tiga besar.

Valentino Rossi yang sempat masuk di tiga besar turun ke posisi keenam dengan tertinggal 0,455 detik di belakang Morbidelli ketika latihan bebas tersisa 34 menit.

Di tengah latihan bebas kedua, pebalap Avintia Racing Johann Zarco mengalami nasib sial setelah terjatuh di tikungan 5. Pada momen itu Zarco masih menempati posisi ke-21.

Ketika FP2 berjalan 15 menit, Pol Espargaro menyodok ke posisi ketiga menggeser Rins. Espargaro terpaut +0,263 detik di belakang Morbidelli.

Setelah kembali dari pit, Morbidelli kecelakaan usai terjatuh di tikungan 10. Ketika menikung ke kiri, motor Morbidelli tergelincir dan terlempar ke sisi kanan ke bagian kerikil.

Nasib serupa dialami pebalap Repsol Honda Stefan Bradl yang juga terjatuh di tikungan 2.

Rossi juga nyaris terjatuh di tikungan 8. Beruntung The Doctor bisa menjaga keseimbangan dan mengendalikan motor Yamaha M1 dengan baik, sehingga terhindar dari insiden nahas di FP2 MotoGP Catalunya.

Belum ada perubahan di papan atas pebalap ketika FP2 menyisakan 10 menit. Morbidelli, Binder, dan Pol Espargaro tetap di tiga besar dengan catatan waktu yang sama dengan sebelumnya.

Valentino Rossi yang sebelumnya menempati posisi kedua saat FP2 menyisakan 7 menit dengan terpaut +0,002 detik di belakang mantan muridnya, Morbidelli.

Satu menit kemudian, pebalap Suzuki Joan Mir menyalip menjadi yang terdepan menggeser Morbidelli dengan waktu tempuh 1 menit 40,441 detik.

Dua pebalap yang menunggangi motor Honda, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami membuat kejutan di menit-menit akhir FP2. Alex Marquez di posisi ketiga, sedangkan Nakagami di tempat kedua tertinggal +0,031 detik di belakang Mir.

Brad Binder tidak berhenti menunjukkan performa mengagumkan. Binder mencatatkan waktu tercepat pada latihan bebas MotoGP Catalunya sejauh ini dengan 1 menit 40,008 detik, melewati waktu Quartararo di FP1.

Menjelang FP2 berakhir, Franco Morbidelli kembali menjadi pebalap tercepat di FP2 dengan catatan waktu 1 menit 39,789 detik disusul Johann Zarco dan Brad Binder. Rossi yang beberapa kesempatan berada di posisi tiga besar justru menempati posisi kesembilan. (m18/mgp)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2