Waspada
Waspada » Messi Mantapkan Perayaan 20 Tahun Bela Barca
Headlines Olahraga

Messi Mantapkan Perayaan 20 Tahun Bela Barca

CGTN

MADRID (Waspada): Kapten Lionel Messi (foto kiri), memantapkan perayaan 20 tahun dirinya membela Barcelona dengan sumbangan dwigol untuk menekuk tim strata kedua Girona 3-1 pada laga pramusim di Johan Cruyff Stadium.

Kisah kepahlawanan Messi kian sempurna dalam laga Rabu (Kamis WIB) itu, karena dia juga memberi assist untuk gol Philippe Coutinho yang kembali dari masa peminjaman di Bayern Munich.

“Messi penting untuk kompetisi kami. Dia pemain yang lahir di kompetisi kami, semoga dia akan menyelesaikan kariernya di liga kami,” tegas Javier Tebas, Presiden La Liga, seperti dikutip dari AFP, Kamis (17/9).

Megabintang berjulukan La Pulga alias Si Kutu itu gabung El Catalan sejak usia 13 tahun pada 17 September 2000. Saat masuk akademi La Masia, tinggi badannya hanya 1,48 meter dengan postur yang kurus.

Namun talentanya sudah menonjol sejak awal dan terus berkembang dari tahun ke tahun. Messi pun mencatat rekor gol terbanyak sepanjang masa Blaugrana dengan 634 gol dari 731 pertandingan resmi tim utama di semua kompetisi.

33 Trofi

Ayah tiga bocah dari perkawinannya dengan wanita seksi Antonella Roccuzzo itu sudah memenangkan 33 trofi bersama Los Cules. Termasuk 10 trofi juara La Liga dan empat trofi Liga Champions, plus enam penghargaan Ballon d’Or.

“Messi bisa memiankan posisi sembilan, pemain sayap dalam, dan sangat baik memiliki kemungkinan semacam itu,” puji Ronald Koeman (foto kanan), entrenador anyar Barca asal Belanda.

Superstar Argentina itu mencetak gol pertamanya ke gawang Girona menit 45. Messi berputar di tepi kotak penalti lawan, sebelum melepaskan sepakan ke tiang jauh.

Dia kemudian mengemas gol keduanya dengan tembakan yang terdefleksi menit 50. Messi pula yang memberikan umpan bagi gol pembuka kemenangan El Catalan yang disarangkan Coutinho menit 21.

Ini peningkatan luar biasa bagi Si Kutu yang baru kembali menjalani latihan bersama Barca akhir pekan lalu. Dia sempat merajuk karena ingin meninggalkan Camp Nou untuk gabung pelatih Pep Guardiola di Manchester City, padahal kontraknya masih tersisa satu tahun lagi.

Koeman menurunkan 20 pemain melawan Girona, namun striker Luis Suarez atau gelandang Arturo Vidal kembali tidak terlihat dalam daftar skuad.

“Beberapa pemain dapat menempati posisi berbeda, karena itulah kami berubah. Tentu akan lebih sulit bagi lawan jika kami sering mengubah posisi,” papar mantan pelatih Timnas Belanda, Everton dan Southampton tersebut.

“Seperti Coutinho bisa bermain di kiri, bisa bermain di tengah. Lalu (Antoine) Griezmann bisa bermain di kanan, bisa bermain di tengah,” tambah Koeman.

Pada dua laga ujicoba pramusim kontra Girona dan Gimnastic de Tarragona yang dimenangkan Barca dengan skor sama 3-1, Koeman selalu menggunakan empat penyerang dalam formasi 1-4-2-3-1. Kuartet penyerang itu rutin bertukar posisi sesuai d arahan Koeman. (m08/afp)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2