Waspada
Waspada » Messi Berandil Bantu 50 Ribu Vaksin Covid-19
Olahraga

Messi Berandil Bantu 50 Ribu Vaksin Covid-19

Football Espana

BUENOS AIRES (Waspada): Megabintang Lionel Messi (foto) ternyata ikut andil membantu pengadaan 50 ribu vaksin Covid-19 produksi Tiongkok untuk para pemain Amerika Selatan.

Mesin gol Barcelona itu memberikan bantuan dalam rencana ambisius Federasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) untuk melakukan vaksinasi terhadap seluruh pesepakbola Amerika Latin sebelum gelaran Copa America 2021.

Sinovac sepakat mengirimkan vaksin buatan mereka setelah Messi menghadiahkan tiga jersey bertanda tangan dirinya kepada direksi perusahaan farmasi China itu, yang ternyata penggemar berat sang kapten Argentina.

“Para Direktur Sinovac mengekspresikan kekaguman mereka untuk Lionel Messi yang dengan baik hati mengirimi kami tiga jersey untuk mereka,” tulis ofisial CONMEBOL Gonzalo Belloso di akun Twitter yang dikutip dari Goal, Jumat (16/4).

Di antara 50 ribu vaksin itu, sebagian bakal dialokasikan untuk 26 skuad klub peserta Primera Division Argentina. “Gagasannya adalah untuk memvaksinasi semua tim divisi utama Argentina,” beber Belloso.

“Kami ingin semua pemain sepakbola divaksin sebelum Copa America, karena siapa saja di antara mereka berpeluang dipanggil untuk bermain (di turnamen),” tambahnya.

Turnamen terbesar di Benua Amerika ini awalnya akan digelar tahun lalu. Tetapi seperti kebanyakan kompetisi internasional lainnya harus terpaksa diundur akibat pandemi virus corona yang bermula dari Kota Wuhan di China.

Argentina dan Kolombia menjadi tuan rumah bersama di Copa America 2021 yang direncanakan bergulir dari 13 Juni hingga 10 Juli mendatang.

“Ini (vaksin) merupakan hadiah terbaik untuk sepakbola di Amerika Selatan,” papar Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez.

Australia dan Qatar telah diundang untuk ambil bagian dalam ajang itu sebagai tim tamu. Tapi keduanya sama-sama menarik diri karena kekhawatiran akan pandemi Covid-19, sehingga turnamen hanya menyisakan 10 anggota federasi saja sebagai peserta.

Vaksinasi akan digelar bersama-sama dengan Argentina dan Kolombia mulai 13 Juni, ditargetkan selesai sebelum turnamen dimulai.

“Sinovac mengerti bahwa sepakbola merupakan aktivitas yang penting bagi perekonomian, kebudayaan serta kesehatan fisik dan mental warga Amerika Selatan,” klaim Dominguez.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Uruguay Luis Lacalle Pou karena telah membantu mendatangkan vaksin tersebut.

“Ini merupakan langkah yang amat besar untuk menghadapi pandemi Covid-19. Jadi kami tidak akan lengah,” pungkas Dominguez.

Brazil merupakan juara bertahan setelah memetik kemenangan di kandang sendiri pada 2019 lalu.Sedangkan Uruguay pemegang rekor juara dengan 15 trofi. (m08/goal)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2