Waspada
Waspada » Menpora Apresiasi Siwo, Porwanas 10 Cabor
Olahraga

Menpora Apresiasi Siwo, Porwanas 10 Cabor

MENPORA Zainuddin Amali memukul gong pada Pembukaan Rakernas Siwo 2020 di Aria Hotel, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (7/2). Waspada/Jonny Ramadhan Silalahi

BANJARMASIN (Waspada): Menpora RI, Dr Zainudin Amali MSi mengapresiasi peran wartawan olahraga dalam pengembangan olahraga Indonesia.

“Karenanya saat diangkat jadi Menpora, maka yang pertama sebagai staf ahli adalah dua mantan wartawan olahraga, yakni M Niagara dan Edi Laenko,” beber Menpora.

Dia menyatakan demikian ketika membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Se Indonesia Tahun 2020 di Mahakam Convention Room, Hotel Aria Barito Banjarmasin, Kalsel, Jumat (7/2).

Pembukaan ditandai pemukulan gong oleh Menpora dengan didampingi Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa, Sekjen KONI Pusat Ade Lukman dan Kadispora Kalsel H Hermansyah.

Politikus Golkar itu juga menyampaikan apresiasi yang luar biasa pada acara Rakernas Siwo PWI sekaligus mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2020.

“Saya menyambut gembira dalam rangka Hari Pers Nasional 2020, Siwo menyempatkan menggelar Rakernas 2020 di Kalsel,” ucap Zainudin.

“Rakernas ini sangat penting untuk merumuskan program dan kebijakan yang akan dilakukan oleh Suwo. Pemerintah dengan tangan terbuka siap bekerja sama dalam bentuk apapun yang bertujuan untuk kemajuan olahraga tanah air,” tambahnya.

Menurutnya, antara olahraga dan wartawan tidak bisa dipisahkan. Karena tanpa dukungan dari Siwo, maka prestasi dan perkembangan olahraga di tanah air tidak akan sampai ke masyarakat.

“Saya mohon dukungan untuk juga bersama-sama membangun olahraga. Apalagi kegiatan-kegiatan sangat luar biasa tahun ini akan kita selenggarakan,” jelas Menpora.

“Selain PON 2020 di Papua, kita akan mengikuti Olimpiade di Tokyo 2020, dan menjadi tuan rumah Piala Dunia 202I. Juga jadi tuan rumah MotoGP di Mandalika NTB,” ujarnya lagi.

Ajang Strategis

Rakernas merupakan agenda rutin dari program Siwo PWI Pusat dan dijadikan ajang strategis para wartawan olahraga seluruh Indonesia selaku garda terdepan pembina olahraga di daerah masing-masing.

Rakernas Siwo yang berlangsung 7-8 Februari 2020 diikuti 35 pengurus cabang Siwo PWI yang terdapat diseluruh propinsi di tanah air plus Solo, kota tempal kelahiran PWI (Persatuan Wartawan Indonesia).

Turut hadir Ketua PWI Pusat Atal S Depari, wartawan olahraga senior Mahfudin Nigara, Ketua Siwo PWI Sumut SR Hamonangan Panggabean, Wakil Ketua Jonny Ramadhan Silalahi dan Sekretaris Syamsir.

Rakernas juga diisi dengan paparan Jawa Timur sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (Porwanas) 2020 pada 1-6 September mendatang.

Kadispora Jatim Drs Supratomo MSi, Ketua PWI Jatim Ainur Rahim dan Ketua Siwo Jatim Muhammad Erwin menyatakan pihaknya sudah siap dan solid untuk menyukseskan Porwanas 2020.

“Kita sudah siapkan 13 venue utama dan enam venue cadangan untuk menggelar 10 cabang olahraga yang dipertandingkan. Lokasinya di Malang Raya, kecuali boling mesti di Surabaya karena cuma di sana yang ada lintasannya,” kata Supratomo.

Ke-10 cabor yang dipertandingkan itu adalah atletik, biliar, boling, bridge, bulutangkis, catur, futsal, sepakbola, tenis dan tenis meja.

Porwanas 2020 Jatim juga menyelenggarakan lomba karya tulis dan lomba foto jurnalistik tingkat nasional. (m15)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2