Meneer Layak Lolos

  • Bagikan

AMSTERDAM (Waspada): Kapten Virgil van Dijk (foto kanan) mengklaim, Belanda layak lolos putaran Piala Dunia 2022 dengan menjuarai Grup G babak kualifikasi zona Eropa.

“Tentu kami layak. Saya tidak berpikir kami membuang kesempatan lagi, itu tidak ada sama sekali,” klaim Van Dijk, seperti dilansir Reuters, Rabu (17/11).

Meneer memastikan tiket ke Qatar 2022, Selasa (Rabu WIB), setelah menaklukkan tamunya Norwegia 2-0 pada laga pamungkas Grup G di Stadion De Kuip, Rotterdam.

Gelandang serang Steven Bergwijn dan striker Memphis Depay berbagi gol De Orange yang sempat mengalami kebuntuan hingga menit 83. Kemenangan dramatis itu kebalikan dari kegagalan pasukan Louis van Gaal mempertahankan keunggulan dua gol hingga kemudian ditahan 2-2 oleh Montenegro pada akhir pekan lalu.

“Setelah tragedi Sabtu, kami diminta untuk merespons dan kami melakukan pekerjaan yang sangat baik. Bahkan masih ada banyak ruang untuk perbaikan, tetapi itu semua tentang hasil,” ucap Van Dijk.

“Ini pertandingan yang ingin Anda mainkan, kendati ada banyak tekanan. Saya tidak dapat berbicara untuk semua orang, tetapi saya benar-benar menantikan dan menikmatinya,” beber bek andalan klub Liverpool tersebut.

Meski tampil dominan sejak sepak mula dengan 65 persen penguasaan bola, Meneer mesti menunggu hingga menit 84 untuk membuka keunggulan.

Berawal dari umpan Arnaut Danjuma, Bergwijn mendapatkan ruang yang cukup terbuka lebar untuk melepaskan tembakan yang tak memberi kesempatan kiper Orjan Nyland bereaksi.

Norwegia berusaha mencetak gol balasan saat memperoleh tendangan sepak pojok. Nyaris semua pemain mereka berada di area pertahanan Belanda untuk upaya dimaksud.

Tapi strategi itu malah menjadi senjata makan tuan. Bola sepak pojok bisa diantisipasi Van Dijk yang kemudian digiring Bergwijn nyaris sepanjang lapangan, sebelum diteruskan sebagai umpan tarik matang untuk gol Depay pada menit pertama injury time.

“Saya pikir kami menunjukkan karakter yang sebenarnya. Tidak mudah untuk bangkit kembali setelah melawan Montenegro, tetapi kami berhasil melakukannya,” klaim Van Dijk yang absen di Euro 2020 karena cedera lutut serius.

“Kini saya tidak sabar untuk memimpin grup ini dan menciptakan sesuatu yang indah. Perjalanan ke Piala Dunia masih panjang, tetapi kami pantas lolos,” tegasnya lagi.

Dalam laga Grup G lainnya yang bersamaan di Stadion Kota Podgorica, Turki mampu mengatasi perlawanan tuan rumah Montenegro dan menang 2-1 untuk mendapatkan tiket playoff. (m08/rtr)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *