Waspada
Waspada » Marquez Kaget Pembaruan Kontrak Honda
Olahraga

Marquez Kaget Pembaruan Kontrak Honda

Motorsport
Motorsport

LOSAIL, Qatar (Waspada): Juara dunia MotoGP, Marc Marquez (foto), mengaku kaget mendapat pembaruan kontrak Repsol Honda istimewa dan berjangka panjang hingga empat tahun.

“Memperpanjang kontrak selama empat tahun dengan HRC sungguh tak terduga. Honda mencari keseimbangan di semua aspek, terutama di sisi teknis dan itu hal terpenting dalam proyek kami,” jelas Marquez di laman resmi MotoGP, Minggu (23/2).

“Secara perlahan saya mengikuti kata hati, yakni bertahan di Honda. Apalagi mereka pabrikan yang memberi saya kesempatan turun di MotoGP pada 2013,” kenang superstar berjulukan The Baby Alien alias Si Bayi Ajaib itu.

Marquez pun tercatat sebagai pembalap pertama yang mendapatkan kontrak dengan durasi empat tahun.

Semua itu diberikan Honda tak terlepas dari prestasi fantastis Si Bayi Ajaib yang telah enam kali menjuarai MotoGP dan musim lalu memberikan Triple Crown bagi pabrikan asal Jepang tersebut.

“Ini proyek jangka panjang, namun sangat penting bagi kami agar benar-benar fokus pada gelar. Kontrak macam ini membuat saya percaya diri, begitu juga Honda,” beber superstar asal Spanyol berumur 26 tahun itu.

Si Bayi Ajaib baru pulih dari cedera dan kembali mengikuti tes pramusim MotoGP yang berlangsung tiga di Sirkuit Losail, Qatar, 22-24 Februari 2020.

Pada tes hari pertama, Sabtu (Minggu WIB), Marquez berada di peringkat keenam dengan catatan waktu 1 menit 54, 823 detik.

Dia mengaku masih mengalami kesulitan dari segi fisik untuk memacu motornya secara maksimal di lintasan.

“Kami memulai dengan baik pada tes pramusim kali ini. Tetapi saya juga harus mengatakan bahwa kami memiliki lebih banyak masalah di sini (Qatar) daripada di Malaysia. Gaya mengemudi yang berbeda diperlukan di sana,” jelas Marquez.

“Di sini banyak belokan kanan yang panjang, sehingga bahu kanan yang mengalami cedera sedikit lebih terbebani. Itu sebabnya saya berusaha untuk tidak terlalu stres pada malam pertama,” katanya lagi.

Adiknya yang baru dipromosikan tim Repsol Honda, Alex Marquez, juga belum mampu menunjukkan performa terbaik.

Alex berada jauh di urutan 22 dengan catatan waktu 1 menit 56,552 detik.

Tes hari pertama di Sirkuit Losail menelurkan Alex Rins dari Suzuki Ecstar sebagai pembalap tercepat.

Rins tercepat dengan catatan waktu 1 menit 54,462 detik.

Rekan setimnya, Joan Mir, menempati posisi kedua hanya berselisih 0,002 detik dari Rins.

Mir mencatatkan waktu terbaiknya pada putaran ke-51.

Peringkat ketiga Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) berselisih 0,030 detik dari Rins. (m15/mgp)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2