Waspada
Waspada » Marquez Bisa Istirahat Panjang
Olahraga

Marquez Bisa Istirahat Panjang

AFP

JEREZ, Spanyol (Waspada): Kondisi cedera lengan yang dialami Marc Marquez (foto) pada MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7), membuat sang juara dunia MotoGP itu kemungkinan bisa istirahat panjang.

“Harus dipastikan apakah saraf radialnya terpengaruh, jika iya maka akan jauh lebih rumit. Akan memakan waktu lama,” ujar dokter spesialis olahraga, Dr Jose Gonzalez, Senin (20/7).

Saraf radial di lengan membantu otot lengan atas, lengan bawah, pergelangan tangan, dan jari-jari, serta memberi sensasi pada tangan dan jari.

Setelah mengalami kecelakaan pada seri pembuka MotoGP 2020, Marquez dilaporkan kehilangan mobilitas pada jari-jari tangan kanannya.

“Cedera jenis itu tidak seperti patah tulang selangka yang bisa selesai dalam hitungan hari setelah pemasangan sekrup. Dalam kasus ini, Anda butuh satu setengah bulan hingga dua bulan, bahkan jika kita berbicara mengenai pebalap profesional bisa saja mencapai tiga bulan,” jelas Gonzales dikutip dari AS.

Sebelumnya, dokter Xavier Mir yang bakal menangani operasi Marquez, juga menyebut kelumpuhan saraf radial berpotensi dialami pebalap Repsol Honda tersebut.

Jika harus absen hingga tiga bulan, maka Marquez harus kehilangan sembilan seri balap dan hanya kebagian menjalani tiga balapan sisa di MotoGP 2020. Seandainya itu benar terjadi maka Marquez kemungkinan besar harus merelakan gelar musim ini.

Jadwal MotoGP 2020 sangat padat. Dalam waktu empat bulan, para pebalap harus menjalani 13 balapan. Balap MotoGP 2020 selanjutnya akan berlangsung pekan depan di MotoGP Andalusia 2020 yang berlokasi di Sirkuit Jerez.

Jalani Operasi

Marc Marquez sendiri rencananya akan menjalani operasi pada Selasa (21/7). Marquez cedera karena kecelakaan hebat pada MotoGP Jerez, Minggu (19/7) malam WIB. Memasuki lap ke-21, Marquez terlempar dari motornya di tikungan ketiga. Dia sempat melayang di udara sebelum akhirnya berguling-guling di gravel.

“Kadang-kadang hal-hal tidak berjalan seperti yang Anda harapkan, tetapi yang paling penting adalah bangkit kembali dan melanjutkan,” tulis Marquez di Instagram.

“Saya harap Anda menikmati comeback! Sekarang saya harus pergi ke ruang operasi pada hari Selasa dan memperbaiki fraktur humerus kanan saya. Saya berjanji kepada Anda semua bahwa saya akan kembali sesegera mungkin, dan bahkan lebih kuat!.”

Akhir tahun lalu, Marc Marquez juga menjalani operasi bahu kanan setelah mengalami kecelakaan pada tes MotoGP di Sirkuit Jerez pada November tahun lalu. Marquez terjatuh di tikungan ke-13 pada tes hari pertama. Ia mengalami dislokasi bahu kanan.

Meski cedera, Marquez tetap melanjutkan tes Jerez hingga hari kedua. Ia bahkan menjadi yang tercepat pada tes hari kedua dengan catatan waktu 1 menit 37,820 detik. Ini berarti, dalam kurun waktu delapan bulan, Marquez menjalani dua kali operasi. (m18/as/mgp)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2