Waspada
Waspada » Main Kelereng Kontrak Messi
Olahraga

Main Kelereng Kontrak Messi

FCBN

MADRID (Waspada): Presiden Barcelona Joan Laporta mengaku, klubnya ibaratkan main kelereng untuk memperpanjang kontrak kapten Lionel Messi (foto kiri) lima tahun lagi sampai 2026 mendatang.

Kabarnya demi keseimbangan keuangan dalam upaya mempertahankan superstar berumur 34 tahun itu, manajemen El Catalan mesti melepas lima pemain. Karenanya Laporta meminta fans Los Cules agar terus bersabar untuk menuntaskan kontrak baru Messi.

“Pesannya adalah ketenangan dan kesabaran. Sepertinya kamu harus bermain kelereng, tetapi semuanya akan baik-baik saja,” papar pengacara kondang Spanyol berumur 59 tahun itu di Football Espana, Jumat (16/7).

Laporta mengklaim, para profesional tengah melakukan pekerjaan yang bagus untuk memprosesnya. Salah satu upaya yang sedang dilakukan adalah membarter striker Antoine Griezmann (foto tengah) dengan gelandang Saul Niguez dari Atletico Madrid.

Hanya transaksi ini mengundang minta Operator La Liga untuk melakukan investigasi. Menurut Marca, sebenarnya La Liga tidak memiliki aturan pertukaran pemain dan setiap transfer harus dibuat secara mandiri dengan valuasi terpisah.

Jadi untuk memastikan klub tidak melakukan trik-trik finansial, pihak liga akan mengawasi jalannya kesepakatan antara El Barca dengan El Atleti.

Bila penjualan Griezmann hanya di bawah 72 juta euro atau sekitar Rp1,23 triliun, berarti Blaugrana dipastikan menelan kerugian. El Catalan pun mesti menjual pemain lain dalam beberapa pekan mendatang.

Bila tidak, La Liga bersiap untuk menolak permohonan perpanjangan kontrak Messi. Sebab situasi keuangan Barcelona saat ini tidak bisa memenuhi permintaan gaji megabintang berjulukan La Pulga alias Si Kutu tersebut.
Tetapi Laporta tetap percaya akan ada kabar saat musim panas berlanjut. “Para profesional melakukan kerja yang bagus,” tegasnya.

“Kami sangat puas dengan semuanya yang sedang berjalan. Kamu sudah tahu bahwa sesuatu yang spesial di pasar membutuhkan kesabaran dan kemampuan,” tambah Laporta.

Messi sekarang sedang menikmati liburan bersama keluarganya di Miami, Amerika Serikat, seusai membawa Argentina menjuarai Copa America 2021 di Brazil. Si Kutu rencananya baru akan kembali ke Barcelona pada awal Agustus mendatang.

Dia kabarnya siap menerima potongan 50 persen dari gajinya yang mencapai 1,2 juta pounds atau setara Rp24,1 miliar perpekan, namun hal itu belum bisa dipastikan Los Cules.

Barca sendiri juga telah kedatangan dua penyerang top sekelas Memphis Depay dan Sergio Aguero yang juga bergaji besar. Maka selain Griezmann, Barca yang tetap diarsiteki entrenador Ronald Koeman, mesti menjual setidaknya empat pemain lagi.

Griezmann merupakan pemain bergaji tertinggi kedua di Camp Nou senilai 575.000 pounds atau setara Rp11,5 miliar perpekan. Namun sayangnya bintang Prancis itu hanya mengemas 35 gol dari 99 laga bersama Blaugrana.

Nama kedua yang bakal dilepas Los Cules adalah Samuel Umtiti, bek asal Prancis yang sulit menembus skuad pilihan Koeman. Umtiti kabarnya masuk radar Tottenham Hotspur.

Setelah itu pemain yang santer bakal dijual Barca adalah kiper Norberto Murara Neto yang dikaitkan dengan Arsenal untuk menjadi pelapis Bernd Leno. Berikutnya gelandang Miralem Pjanic dan winger Philippe Coutinho. (m08/fe/mrc)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2