M Khairuddin Syahputra Geluti Atletik Sejak SMK - Waspada

M Khairuddin Syahputra Geluti Atletik Sejak SMK

  • Bagikan

ATLET atletik peraih medali perak PON XX Papua dari nomor lari gawang 400 meter, M Khairuddin Syahputra (foto), mengawali olahraga atletik dari nol.

Saat menjadi siswa SMK Negeri 2 Binjai, dia tertarik pelajaran olahraga dibanding belajar kesenian. Awalnya menjadi atlet karena ajakan guru olahraganya di sekolah.

Semakin tertarik dengan olahraga atletik, M Khairuddin Syahputra pun memutuskan bergabung dengan Klub Dumpang Atletik yang diasuh guru SMKN 2 Binjai Dumpang Parlahutan. Dumpang juga merupakan Sekertaris PASI Kota Binjai.

Menurut Dumpang Parlahutan, Rabu (13/10), M Khairuddin Syahputra berlatih dasar-dasar olahraga atletik di klub binannya, sebelum akhirnya berlatih di PASI Binjai.

M Khairuddin Syhaputra mulai meraih prestasi ketika mengikuti O2SN SMK dan pada tahun 2017 meraih juara I Nasional O2SN. Menurut Dumpang, pada 2018 M Khairuddin mengikuti kejuaraan nasional di Jakarta dengan biaya sendiri.

“Dari Kejurnas itulah M Khairuddin dinyatakan lolos PON untuk cabang lari gawang 400 meter putra. Kemudian dia memasuki Pelatda KONI Sumut,” bebernya.

Adanya kemauan dan disiplin yang kuat membuat latihan Khairuddin cukup baik dan akhirnya mampu menyumbangkan medali perak bagi Kontingen Sumut di PON XX Papua.

M Khairuddin Syahputra di PON XX Papua mencatat waktu 51.76, sedangkan juara I Halomoan Binsar Simanjuntak 51.33, juara ketiga Andrian dari NTT dengan waktu 51.77.

Plt Ketua PASI Binjai, Nurli terharu dengan raihan prestasi atlet atletik Kota Binjai yang sudah menyumbangkan medali emas dan perak di arena PON Papua.

Kepada M Khairuddin Syahputra yang masih muda dan punya masa depan untuk terus berprestasi dicabang atletik, hendaknya tidak terhenti di tengah jalan.

“Prestasi M Khairuddin Syahputra hendaknya meotivasi atlet lainnya di Kota Binjai untuk bersemangat meraih prestasi, khususnya pada PON 2024,” ujarnya. *Riswan Rika/F

  • Bagikan