Waspada
Waspada » Liga Mulai Lagi Juli
Olahraga

Liga Mulai Lagi Juli

PRESIDEN UEFA Aleksander Ceferin (kanan) dan Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri), lupakan perbedaan di masa pandemi virus corona. beIN SPORTS
PRESIDEN UEFA Aleksander Ceferin (kanan) dan Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri), lupakan perbedaan di masa pandemi virus corona. beIN SPORTS

NYON, Swiss (Waspada): Liga Sepakbola di Eropa yang saat ini ‘mati suri’ karena wabah virus corona, diprediksi baru akan dimulai lagi bulan Juli mendatang.

Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA) dan kelompok pelindung Liga-liga Eropa sudah mengirim surat bersama, Kamis (Jumat WIB), intinya menyatakan sangat penting bahwa kompetisi termasuk liga domestik diputuskan melalui pertandingan di lapangan.

Surat itu dikirikam beberapa jam setelah Liga Belgia menyudahi musim dan menetapkan Club Brugge sebagai juara. Ada juga permintaan dari klub-klub di Belanda dan Italia agar liga mereka dibatalkan.

Menurut Reuters, Jumat (3/4), surat itu mengatakan bahwa kelompok kerja yang dibuat oleh UEFA sedang berupaya untuk memperpanjang musim ini di luar jadwal resminya yang semula mesti selesai pada 30 Juni.

Diperkirakan rincian lebih lanjut akan diberikan pada pertengahan Mei. Kelompok kerja itu pula yang sebelumnya merumuskan untuk menunda setahun turnamen besar Euro 2020.

Surat tersebut mengatakan kelompok kerja itu “fokus pada skenario yang mencakup bulan Juli dan Agustus, termasuk kemungkinan bahwa kompetisi UEFA dimulai lagi setelah selesainya liga domestik.”

Disebutkan bahwa manajemen bersama mengenai kalender diperlukan untuk berkoordinasi tentang akhir musim ini dengan dimulainya musim baru yang mungkin sebagian terpengaruh karena perpanjangan tersebut.

UEFA pun dikabarkan memutuskan untuk menunda sisa laga Liga Champions dan Liga Europa musim 2019/2020, setelah melakukan konferensi jarak jauh dengan 55 negara anggotanya.

Sebagian besar pertandingan Liga Champions saat ini sudah melewati babak 16 besar, tetapi masih ada beberapa laga lagi yang harus menjalani leg kedua.

Di Liga Europa, sebagian besar baru memainkan leg pertama babak 16 besar dan hanya dua laga yang belum digelar.

Penundaan kompetisi domestik beserta Liga Champions dan Liga Europa juga mengorbankan jadwal pertandingan persahabatan yang direncanakan FIFA pada Juni 2020. Juga muncul masalah baru karena banyak pemain yang kontraknya habis pada akhir Juni nanti.

Sebelumnya, Presiden UEFA Aleksander Ceferin (mengatakan ada sejumlah opsi untuk menyelesaikan musim ini. “Ada Plan A, B dan C. Tiga opsi ini mulai kembali pada pertengahan Mei, Juni atau akhir Juni. Jika kita tidak berhasil, maka musim ini kemungkinan hilang,” jelasnya.

“Ada juga kemungkinan dimulai lagi musim depan, diawali setelah yang satu diadakan. Kami akan melihat solusi terbaik untuk liga-liga dan klub-klub,” tambah Ceferin.

Dia berat membayangkan semua pertandingan dimainkan dalam pintu tertutup, tetapi masih tak tahu kapan akan lanjut lagi dengan atau tanpa penonton.

“Jika tidak ada alternatif, maka lebih baik menyelesaikan kompetisi dengan cara apa pun. Namun saya bisa katakan bahwa saya tak ingin final kompetisi-kompetisi klub Eropa dimainkan dengan pintu tertutup,” klaim Ceferin.

Sedangkan Presiden FIFA (Badan Sepakbola Dunia) Gianni Infantino menyatakan, pengalaman menyaksikan sepakbola akan berbeda dibandingkan sebelumnya ketika kompetisi bisa digelar lagi.

“Sepakbola akan kembali. Saat itu terjadi, kita akan merayakannya seperti bangun dari mimpi buruk bersama-sama,” tutur Infantino.

Menurut Infantino, ketika pandemi virus corona yang bermula dari Kota Wuhan di China berakhir, bukan hanya sepakbola berubah tetapi para penikmatnya akan turut menjadi manusia yang lebih baik.

“Sepakbola setelah corona akan lebih inklusif, sosial dan saling mendukung. Juga terhubung di antara setiap negara dan pada saat bersamaan sesuatu yang global, tak lagi arogan dan lebih hangat menyambut,” jelas Infantino.

“Kita semua akan menjadi lebih baik, lebih manusiawi dan memperhatikan nilai-nilai kebaikan,” optimisme Infantino. (m15/rtr/uefa)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2