Waspada
Waspada » Liga Indonesia Rencana Dilanjutkan 1 Juli
Olahraga

Liga Indonesia Rencana Dilanjutkan 1 Juli

MEDAN (Waspada): PSSI telah mengeluarkan keputusan baru terkait nasib kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Dalam suratnya, PSSI menyebutkan kompetisi dalam status darurat bencana corona virus disease (Covid-19).

“Pada pasal pertama, PSSI menetapkan bahwa Maret, April, Mei, dan Juni 2020 adalah status keadaan tertentu darurat bencana terkait penyebaran Covid-19 di Indonesia,” ujar Sekum PSMS Medan, Julius Raja, Jumat (27/3).

Untuk itu, sambung pria akrab disapa King itu, maka liga akan ditunda hingga 29 Mei 2020 dan jika tidak ada perpanjangan status darurat oleh pemerintah, maka PSSI menginstruksikan PT LIB melanjutkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Indonesia mulai 1 Juli 2020.

“Kalau tidak ada status darurat lagi hingga 1 Juli maka tidak menutup kemungkinan liga akan diteruskan. Namun jika masih status darurat maka besar kemungkinan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 akan dihentikan,” ujarnya.

Dikatakan, masih dalam isi suratnya juga disebutkan klub peserta Liga 1 dan Liga 2 dapat melakukan perubahan kontrak kerja yang telah ditandatangani atau disepakati antara klub dan pemain, pelatih serta ofisial atas pembayaran gaji di bulan Maret, April, Mei Juni 2020 yang akan dibayarkan maksimal 25 persen dari kewajiban yang tertera dalam kontrak kerja.

“Kalau pemain gaji bulan Maret telah dilunasi dan untuk pembayaran April hingga Juli jika tetap status darurat, maka kita akan membayarkan 25 persen setiap bulannya dari nilai kontrak yang telah disepakati sesuai keputusan PSSI,” sebutnya.

Rapat Pengurus

Terkait hal ini, Julius mengatakan masih akan merapatkannya dengan pengurus PSMS. “Ya, tentu kita akan rapatkan lagi dengan pengurus PSMS terkait surat PSSI ini,” tegasnya.

Sebelumnya, penyebaran Covid-19 yang kian massif membuat PSSI mengambil sikap.

Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, PSSI secara resmi menghentikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Selain berdasar arahan Presiden Jokowi, keputusan menghentikan kompetisi berdasar surat dari Menpora tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah virus tersebut bagi kegiatan olahraga.

“Kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam surat yang ditujukan untuk Direktur Utama LIB, baru-baru ini.

Surat ini juga ditembuskan ke Menpora, Ketum KONI, dan para klub pesera Shopee Liga 1 dan Liga 2. “Pencabutan atas penghentian Shopee Liga 1 dan Liga 2 akan menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebaran Covid-19 di Indonesia yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI,” tambahnya.

Iwan Bule juga menginstruksikan LIB untuk menyusun langkah-langkah terkait penghentian sementara kompetisi. “Menyusun kembali jadwal Liga 1 dan 2 dengan mempersiapkan hal-hal teknis serta administratif. Melakukan komunikasi dengan pihak keamanan terkait perubahan jadwal kompetisi,” katanya.

PSMS sendiri sebelumnya sudah melakoni laga pembuka Liga 2 pada 15 Maret dengan menghadapi AA Tiga Naga Riau. Dalam laga ini PSMS menang dengan skor 2-1. (cat)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2