Waspada
Waspada » LIB Sudah Kaji Teknis Lanjutkan Liga Indonesia
Headlines Olahraga

LIB Sudah Kaji Teknis Lanjutkan Liga Indonesia

JAKARTA (Waspada): PT Liga Indonesia Baru (LIB) mantap untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 2020 dan Liga 2 2020. Operator kompetisi sepakbola elit Indonesia itu sudah melaporkan beberapa perubahan regulasi kepada PSSI.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, menyebut pihaknya sudah melakukan kajian teknis terkait kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 dan Liga 2 2020. Contohnya adalah melakukan korespondensi dengan klub terkait masukan dan saran terhadap kelanjutan kompetisi.

PT LIB juga sudah memaparkan sejumlah penyesuaian regulasi yang baru. Rencananya, hal itu akan dimatangkan lagi dalam managers meeting jelang kembali bergulirnya kompetisi.

“Berbagai langkah persiapan menuju lanjutan kompetisi Liga 1 dan 2 telah kami buat dan paparkan kepada Ketua Umum PSSI. Seperti akan adanya penyesuaian perubahan regulasi, serta beberapa home base klub jika sentralisasi di Pulau Jawa, serta akan menggelar managers meeting dan workshop untuk klub jelang dimulainya kompetisi,” kata Sudjarno, Kamis (11/6).

“Tentu kami akan melaksanakan kompetisi dengan protokol kesehatan dengan ketat. Kami juga memaparkan timeline kompetisi seperti kapan dimulainya dan kapan pekan terakhirnya dengan ada jeda pertandingan Timnas Indonesia di event internasional,” ucapnya.

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, menyambut baik beberapa paparan dari PT LIB terkait kelanjutan kompetisi. Hal itu berarti PT LIB sudah siap untuk menggulirkan kembali kompetisi sepakbola di Indonesia.

“PT LIB menyatakan kesiapan kembali melanjutkan kompetisi. Poin-poin tentang jadwal kompetisi dan protokol kesehatan telah dibuat dan dipaparkan kepada PSSI,” tegas Yunu Nusi.

Masih Menunggu

Jika kembali bergulir maka PSSI akan mengikuti langkah sejumlah negara Asean yang melanjutkan kompetisi domestik. Hal ini juga baik untuk citra Indonesia di mata internasional yang akan menggelar Piala Dunia U-20 2021.

PSSI menyarankan supaya pelaksanaan pertandingan seluruhnya dilaksanakan di Pulau Jawa demi menekan penyebaran Covid-19. Namun, secara resmi belum ada penetapan soal stadion lokasi laga.

PSSI sampai sekarang belum memutuskan status kompetisi musim 2020 yang sudah vakum sejak pertengahan Maret akibat pandemi virus corona. Sejauh ini baru wacana kompetisi bergulir pada September 2020.

Nantinya, status kompetisi akan diputuskan saat rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Namun, hingga saat ini belum diketahui kapan pertemuan tersebut bakal digelar.

Yoyok Sukawi selaku anggota Exco PSSI mengungkapkan alasan mengapa pihaknya tak kunjung menggelar rapat. Satu alasannya, yaitu menunggu kesepakatan antara klub dan pemain terkait renegosiasi kontrak dan beberapa hal lain.

“Tidak cuma itu (negosiasi kontak pemain dan klub). Ini juga masih menunggu PSSI dan PT Liga Indonesia Baru membuat formula terbaik untuk melanjutkan kompetisi,” ujarnya.

Yoyok Sukawi meminta kepada publik untuk bersabar. PSSI dan PT LIB saat ini tengah menyiapkan rancangan terbaik agar kompetisi bisa berjalan kembali di tengah pandemi.

“Beri waktu Plt Sekjen, Yunus Nusi, dan PT LIB meramu dan menyiapkan segala sesuatu supaya hasilnya baik. Tidak perlu diburu-buru,” imbuhnya. (m18/ant)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2