Waspada
Waspada » LIB Matangkan Proposal Izin Liga
Olahraga

LIB Matangkan Proposal Izin Liga

PSSI

JAKARTA (Waspada): PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang mematangkan penyusuhan proposal izin Liga 1 dan Liga 2 musim 2021. Operator kompetisi tersebut berencana mengajukannya kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam waktu dekat ini.

Izin dari Polri menjadi syarat mutlak yang mesti didapatkan untuk memutar kompetisi. Bila Polri tidak memberikannya, maka Liga 1 dan Liga 2 tak bisa dilangsungkan.

“Proposal Liga 1 dan Liga 2 sedang dimatangkan. Rencananya kami ajukan izin tersebut pada minggu depan,” kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, saat dihubungi awak media, Senin (12/4).

Menurut dia, salah satu isi proposal tersebut adalah rincian tentang pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu, dokumen juga memuat tentang detail kompetisi termasuk soal lokasi dan lain-lain.

Khusus soal prosedur kesehatan, Akhmad Hadian menegaskan tidak ada perbedaan mencolok dengan proposal yang sudah diserahkan sebelumya.

LIB dan PSSI diketahui setidak-tidaknya sudah mengajukan empat kali izin keramaian sejak tahun 2020 agar dapat melanjutkan kembali Liga 1 dan 2 musim 2020. Akan tetapi, semuanya dimentahkan. Itu membuat PSSI menghentikan total Liga 1 dan 2 musim 2020.

Lalu, dengan bantuan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, LIB dan PSSI membuat permintaan izin keramaian untuk turnamen pramusim yang selanjutnya disebut Piala Menpora 2021. Polri pun menerbitkan izin keramaian untuk itu pada 18 Februari 2021.

Polri menyatakan bahwa mereka akan menerbitkan izin keramaian Liga 1 dan 2 musim 2021 jika Piala Menpora 2021, yang berlangsung 21 Maret-25 April, berjalan dengan baik dan tanpa kendala khususnya dari aspek pencegahan serta penanggulangan Covid-19.

“Setelah evaluasi turnamen pramusim baru kita bisa melanjutkan ke Liga 1 dan 2,” ujar Akhmad Hadian.

Sejauh ini, Polri secara lisan menilai positif penyelenggaraan Piala Menpora 2021 yang dimulai sejak 21 Maret 2021. Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bahkan telah melakukan inspeksi ke salah satu lokasi pelaksanaan turnamen, Stadion Manahan, Solo, pada Kamis (25/3) dan mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di sana.

Akhmad Hadian menyebut, momen kedatangan Kapolri ketika itu dimanfaatkan PSSI dan LIB untuk berdiskusi soal liga.

“Pada prinsipnya, Kapolri mengatakan bahwa kepolisian akan mengevaluasi Piala Menpora. Tinggal melihat proposal yang nantinya diajukan,” ujar dia.

Keadaan tersebut tak lantas membuat Akhmad jemawa. Ia menyebut semua pihak tidak boleh lengah karena mendapatkan izin bukan perkara mudah.

“Optimis, tapi tetap harus kerja keras dan fokus, karena pandemi virus corona belum berakhir,” ucap pria yang juga menjabat Ketua Organizing Committee Piala Menpora tersebut.

Sebelumnya, PSSI dan LIB, dalam pemaparan di hadapan Menpora Zainudin Amali dan Polri, berencana memutar Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 pada 11 Juni 2021-11 Maret 2022 dan Liga 2 2021 pada 26 Juni-27 November 2021. (m18/goal/ant)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2