Waspada
Waspada » LIB Lega Polisi Beri Izin
Headlines Olahraga

LIB Lega Polisi Beri Izin

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan) menyerahkan surat izin keramaian untuk kegiatan pra kompetisi (pramusim) Piala Menpora 2021 kepada Menpora Zainudin Amali (kiri) di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/2). Antara

JAKARTA (Waspada): Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, bersyukur dan lega usai pihak kepolisian resmi memberikan rekomendasi izin penyelenggaraan Piala Menpora 2021 yang menjadi turnamen pramusim pada 20 Maret 2021.

Hadian Lukita mengatakan izin yang dikeluarkan polisi dalam bentuk surat rekomendasi yang diserahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Menpora Zainudin Amali di Mabes Polri, Kamis (18/2).

“Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME (kalau sudah diizinkan). Kerja keras semua pihak termasuk klub, pemain, pelatih, suporter, media dan siapapun yang terlibat,” ucap Hadian Lukita usai pengumuman resmi.

Surat rekomendasi izin untuk digelarnya turnamen pramusim Piala Menpora 2021 nantinya akan diserahkan Menpora kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan LIB selaku operator kompetisi. Selanjutnya, PSSI dan LIB bakal meneruskannya kepada 18 klub peserta Liga 1 dan dua tambahan dari klub Liga 2.

“Ada beberapa poin yang kemungkinan bakal ditegaskan kembali polisi dalam surat rekomendasi tersebut. Misalnya, semua peserta yang terlibat harus swab test, diharapkan tidak ada penonton, semua harus bisa diakses lewat televisi dan masih banyak lagi,” imbuhnya.

Rekomendasi ini sekaligus menjawab pertanyaan soal kepastian yang selama ini dipertanyakan klub. Namun, rekomendasi ini sekaligus ujian buat PSSI, LIB, klub, dan suporter untuk memegang komitmen kepatuhan terhadap aturan protokol kesehatan.

Jika dalam pelaksanaan pramusim Piala Menpora 2021 terdapat pelanggaran aturan protokol kesehatan, pihak kepolisian berhak untuk mengevaluasi. Hasil evaluasi itu yang akan jadi dasar untuk izin penyelenggaraan Liga 1 2021 pada Juni mendatang.

“Sementara rekomendasi ini hanya untuk pramusim. Untuk kompetisi nanti setelah pramusim, atau rekomendasi susulan berikutnya tergantung evaluasi di pramusim,” jelas Hadian.

Rencananya gelaran turnamen pramusim akan mulai pada 20 Maret sampai 25 April 2021. Pesertanya terdiri atas 18 klub Liga 1 ditambah dua klub Liga 2. Format turnamen ini akan dibagi menjadi empat grup dan masing-masing dipusatkan di satu wilayah.

Sebelumnya, Kapolri Listyo Sigit Prabowo resmi memberikan izin turnamen pramusim Piala Menpora 2021 kepada Menpora Zainudin Amali di Mabes Polri, Kamis (18/2) sore.

“Di dalam rapat kami sepakati untuk memberikan kesempatan izin terkait dengan penyelenggaraan turnamen pramusim, tentunya dengan catatan bahwa penegakan aturan terkait dengan masalah protokol kesehatan itu menjadi syarat utama,” ucap Listyo Sigit.

“Semoga semua pemangku kepentingan sepakbola, baik klub, pemain dan juga para suporter dapat menjaga komitmen bersama terutama terkait protokol kesehatan yang menjadi prioritas,” ujar Listyo.

Kemudian, Kapolri menegaskan bahwa turnamen pramusim ini menjadi indikator untuk penerbitan izin Liga 1 dan Liga 2 musim 2021. Pria asal Maluku itu menyebut bahwa pihaknya tidak segan dalam membuat keputusan andai turnamen pramusim tidak berjalan sesuai rencana.

“Kalau turnamen pramusim dapat berjalan dengan baik, penegakan aturan terkait protokol kesehatan berjalan dengan baik, maka kami akan memberikan kelonggaran untuk turnamen selanjutnya. Namun, kalau tidak, tentu kami akan melakukan evaluasi,” tutur Listyo.

Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa dirinya dari awal yakin Polri dapat merumuskan yang terbaik terkait pelaksanaan turnamen pramusim.

Dan, senada dengan Kapolri, Zainudin pun meminta semua pihak untuk mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik selama kompetisi. Hal itu juga menjadi permintaan Presiden Joko Widodo yang disampaikan langsung kepada dirinya.

“Bapak Presiden menitipkan pesan supaya protokol kesehatan itu benar-benar dijaga. Presiden bilang, jangan sampai mengorbankan masyarakat. Dan saya sampaikan, kami juga berkomitmen untuk menjaga itu,” kata Menpora. (m18/cnni/ant)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2