Lewandowski Layak Ballon d’Or

  • Bagikan
Bayern Strikes

BERLIN (Waspada): Robert Lewandowski (foto), mesin gol Bayern Munich dan Timnas Polandia, layak menjadi pemenang Ballon d’Or.

Mungkin ada argumen yang sah mengenai apakah dia seharusnya dipaksa untuk puas di tempat kedua di belakang Lionel Messi tahun ini. Tetapi tidak ada yang dapat menyangkal bahwa dia layak untuk mengangkat penghargaan edisi 2020, tepatnya ketika sang penyelenggara France Football, memutuskan untuk membatalkan pemungutan suara karena pandemi Covid-19.

Bahkan Messi mengakui bahwa bomber berumur 33 tahun itu memang pemain terbaik di dunia tahun lalu.

“Robert, Anda pantas mendapatkan Ballon d’Or. Tahun lalu, semua orang sepakat untuk mengatakan bahwa Anda adalah pemenang penghargaan ini,” ucap Messi pekan lalu, setelah mengklaim trofi ketujuhnya di Paris.

Lewandowski memenangkan Liga Champions dan Bundesliga pada 2020. Meskipun memenangkan Bundesliga lagi dan Lewy memecahan rekor pada 2021, Bayern tidak pergi jauh di kompetisi Eropa. Tanpa sang mesin gol, FC Hollywood disingkirkan Paris Saint-Germain pada perempatfinal Liga Champions 2020/2021.

Begitu pula di level internasional, penampilan Lewandowski bersama Polandia sangat mengesankan. Dia mencetak 11 gol dalam 12 pertandingan dalam 12 bulan terakhir, termasuk tiga dari tiga laga Euro 2020.

Polandia tidak pernah secara realistis diharapkan bersaing untuk Piala Eropa dan Lewandowski melakukan semaksimal mungkin untuk negaranya. Termasuk mengamankan tempat di play-off Piala Dunia 2022 saat mereka finis di belakang Inggris pada fase Kualifikasi Zona Eropa.

Diabaikan untuk Ballon d’Or pada 2021 tidak akan menyebabkan pemain berusia 33 tahun itu gelisah. Gelandang legendaris Bayern Munich, Lothar Matthaus, mengatakan bahwa sang striker telah pindah ke target berikutnya: Borussia Dortmund.

Bayern bertandang ke Signal Iduna Park pada akhir pekan lalu untuk duel Der Klassiker dan kemenangan 3-2 membuat mereka unggul empat poin di puncak klasemen sementara dari sang rival.

Lewy mencetak dua di antaranya. Sebuah gol pembuka dan penyegel tiga poin penting Die Roten. “Lewandowski selalu termotivasi. Saya yakin dia tidak senang dengan hasil di Paris. Tapi dia sangat profesional,” tegas Matthaus.

“Saya belum pernah melihat seseorang yang lebih profesional daripada Lewandowski. Dia tidak memikirkan tentang Ballon d’Or pada laga itu. Dia akan memikirkan timnya, klubnya, untuk tampil bagus melawan Dortmund, mencetak gol dan memenangkan tiga poin,” tambahnya.

Lewandowski memimpin daftar pencetak gol di Bundesliga dan Liga Champions lagi musim ini, seakan menandai dia sebagai pesaing awal untuk Ballon d’Or tahun depan.

“Lewandowski bermain di level tertinggi di Bundesliga dan Liga Champions, sebagai pencetak gol terbanyak, performa hebat, memecahkan rekor,” sanjung Matthaus.

“Tapi para jurnalis yang membuat keputusan memutuskan Messi dan untuk itu kami harus memberi selamat kepada Messi. Tapi bagi saya, Robert Lewandowski adalah pemain terbaik pada 2021,” pungkas mantan kapten Bayern dan Timnas Jerman tersebut.

Kini yang bisa dilakukan Lewandowski adalah terus mencetak gol untuk menjaga peluang dirinya untuk meraih Ballon d’Or 2022.

Mantan rekan setimnya, Jerome Boateng, meyakini bahwa Lewy bakal mencetak lebih banyak gol lagi.

“[Kekalahan] Itu tidak akan menjatuhkannya, tapi itu tentu saja merupakan kekecewaan besar baginya. Tapi cara saya mengenalnya, itu hanya akan memotivasi dia lebih jauh,” tutur Boateng.

“Dia akan terus menyerang, saya yakin itu. Statistiknya saja sejauh musim ini bergulir tidak bisa dipercaya,” tambah mantan bek Bayern dan Jerman itu.

Lewandowski hanya akan beralih ke korban berikutnya dan rekor berikutnya. Dua golnya melawan Dortmund, Sabtu lalu, membuatnya melampaui rekor gol tandang di Bundesliga yang dicetak Klaus Fischer dengan 117 gol. (m08/goal)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *