Kuda Gandeng Chess Club Diluncurkan - Waspada

Kuda Gandeng Chess Club Diluncurkan

  • Bagikan
PENGURUS Kuda Gandeng Chess Club pose bersama Ketua KONI Jayadi Sagala SE (5 kanan), Ketua Pengkot Percasi Astronout Nainggolan (4 kiri), Penasehat Kuda Gandeng Chess Club Tongam Pangaribuan (4 kanan) dan lainnya. Waspada/Edoard Sinaga/B

P. SIANTAR (Waspada): Untuk meningkatkan gairah dan kemampuan insan catur di Kota Pematangsiantar, Kuda Gandeng Chess Club resmi diluncurkan. Dalam peluncuran itu turut diselenggarakan turnamen catur yang diikuti 40 insan catur.

“Tahun depan, kita akan membangun sekolah catur. Selain untuk menggali potensi kaum muda, juga mengantisipasi kenakalan remaja,” ujar Sekretaris Kuda Gandeng Chess Club selaku Ketua Panitia Turnamen Togar Henri Nainggolan saat peluncuran Kuda Gandeng Chess Club di sekretariat klub itu, Jl. Sisingamangaraja, Kel. Sukadame, Kec. Siantar Utara, Rabu (20/10).

Ketua Kuda Gandeng Chess Club Rocky Gultom menyebutkan Kuda Gandeng Chess Club masih membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, namun diharapkannya peluncuran itu merupakan suatu langkah awal yang baik.

Penasehat Kuda Gandeng Chess Club, Tongam Pangaribuan menyebutkan klub itu sudah berdiri satu setengah tahun lalu dan bahkan anggota klub itu sudah mengikuti beberapa turnamen di Pematangsiantar dan Kab. Simalungun.

“Saya bangga dengan peluncuran Kuda Gandeng Chess Club yang sekaligus menggelar turnamen. Apalagi, ada seorang peserta perempuan yang sengaja datang dari Jakarta untuk mengikuti turnamen,” imbuh Tongam.

Lanjut Tongam, turnamen catur Kuda Gandeng Chess Club baru pertama kali digelar di Pematangsiantar, namun ke depan, akan digelar empat atau lima kali setahun, hingga para pencinta catur dapat menyalurkan kemampuan masing-masing.

 “Dengan semakin seringnya turnamen digelar, kita berharap akan bermunculan klub catur di Pematangsiantar, hingga dapat melahirkan master-master,” harap anggota DPRD dari Fraksi NasDem itu.

Ketua KONI Jayadi Sagala SE mengucapkan terima kasih atas berdirinya Kuda Gandeng Chess Club. “Apalagi, olahraga catur sangat diminati masyarakat Pematangsiantar.”

 “KONI Pematangsiantar siap mendukung sekolah catur yang akan didirikan Kuda Gandeng Chess Club,” ucap Jayadi seraya meminta Percasi Pematangsiantar mendaftarkan nama para pemain catur ke KONI Pematangsiantar.

Ketua Pengkot Percasi Pematangsiantar, Astronout Nainggolan menyatakan siap mendukung Kuda Gandeng Chess Club dan sebagai dukungan nyata, Astronout memberikan tambahan hadiah bagi para pemenang turnamen Rp3 juta.

Astronout menyatakan sejak menjabat Ketua Pengkot Percasi tahun 2019, Percasi Pematangsiantar tanpa dukungan dana dari KONI, tapi tetap eksis melakukan kegiatan.

Menurut Astronout, catur merupakan olahraga non fisik yang memiliki warna hitam dan putih, yang tentunya berbeda dengan warna abu-abu.

“Selain untuk adu otak, juga sebagai media persatuan dan kesatuan serta pemain catur itu merupakan orang-orang pintar yang memiliki strategi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.”

“Ke depan, Percasi akan dibentuk di setiap kecamatan untuk memperbanyak turnamen catur. Pemko Pematangsiantar diharapkan mendukung dengan menyediakan berbagai fasilitas, hingga catur Pematangsiantar dapat mengharumkan nama kota,” harap Astronout.

Di sela-sela turnamen, Astronout menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan Kuda Gandeng Chess Club dengan susunan pengurus terdiri atas Ketua Ir Ricky Gultom MBA, Wakil Ketua Niko Johannes Samosir ST, Sekretaris Togar Henri Nainggolan SE dan Bendahara Richard Pasaribu. (a28/C)

  • Bagikan