Korfball Ingin Jadi Cabor PON 2024 - Waspada

Korfball Ingin Jadi Cabor PON 2024

  • Bagikan
KETUA Umum PP PKSI Lisa Rudianita SH (4 kanan), Ketua BAPOMI Sumut dr Liliana Puspa Sari (4 kiri), Ketum KONI Sumut John Ismadi Lubis (5 kiri) dan Waketum III Yanto Pasaribu, foto bersama jajaran pengurus seusai acara sosialisasi korfball, Jumat (19/11). Waspada/Johny Ramadhan Silalahi

MEDAN (Waspada): Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Korfball Seluruh Indonesia (PP PKSI) Lisa Rudianita L, ingin korfball (bola kerajang) menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Keinginan itu disampaikan Lisa Rudianita saat melakukan audiensi sekaligus sosialisasi korfball dengan Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis dan Ketua BAPOMI Sumut dr Liliana Puspa Sari di Gedung KONI Sumatera Utara, Jumat (19/11).

“Kami datang berempat untuk sosialisasi dulu sekaligus memberikan mandat pembentukan Pengprov PKSI Sumut kepada Pak John Lubis. Kami ingin agar korfball dipertandingkan pada PON 2024,” jelas Lisa.

“Ini sebenarnya bukan cabor baru di Indonesia. Korfball bahkan sudah pernah dipertandingkan pada PON I sampai PON IV di Makassar dan pada era 1980-an hingga 1990-an tetap dikembangkan,” tambahnya.

Lisa Rudianita mendatangi KONI Sumut bersama Sekretaris Jenderal PP PKSI Benny Indra Kesuma, Bendahara Andi Iriawaty dan unsur pengurus Mona N.

Sedangkan John Lubis didampingi Wakil Ketua Umum II KONI Sumut Yanto Pasaribu, Sekretaris Umum Chairul Azmi, Wasekum Dr Mesnan MKes, Wakil Bendahara TP Sihombing, Kabid Binpres Dr Budi Valianto dan Wakabid Rudi Rinaldi serta Wakabid Humas Johny R Silalahi dan Pujianto.

Menurut Lisa, korfball sedianya akan dipertandingan pada PON XX Papua 2021, karena sudah melakukan eksibisi di PON XIX Jawa Barat 2016. Namun karena ketidaksiapan Papua menyediakan sarana prasarana, membuat korfball batal mentas bersama sembilan cabor lainnya.

“Pada eksebisi PON 2016 di Sentul, terlihat animo besar daerah dan masyarakat menyambut korfball sebagai tontonan yang sangat menarik. PKSI juga sudah punya 19 Pengprov, sehingga kami berharap korfball dapat dipertandingkan nantinya di sini (Sumut),” ujarnya lagi.

Ketua BAPOMI Sumut dr Liliana Puspa Sari bersama Sekretaris dr Sri Rezeki yang ikut menghadiri sosialiasi itu, menyambut baik kehadiran korfball di daerah ini sekaligus ingin mengembangkannya melalui kampus.

“Kami dari Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) tertarik dengan korfball dan ingin mensosialisasinya melalui perguruan tinggi. Kalau bisa nantinya juga dipertandingkan pada Pomnas (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional),” kata Liliana.

Mengenai kans korfball untuk dipertandingkan pada PON 2024, John Lubis mengatakan sangat memungkinkan, karena PKSI sudah resmi diterima sebagai anggota KONI pada tahun 2015.

“Tapi yang jelas sampai sekarang belum ada cabor yang pasti dipertandingkan pada PON 2024. Yang ada masih usulan dengan rincian Sumut 33 cabor dan Aceh 32 cabor,” tegas John Lubis. (m08)

  • Bagikan