Pujian Bintang Baru Belanda - Waspada

Pujian Bintang Baru Belanda

  • Bagikan
SportsMax

ROTTERDAM (Waspada): Belanda pesta gol menggasak Gibraltar dengan skor telak 6-0 pada matchday 8 Kualifikasi Piala Dunia Grup G zona Eropa.

Dalam laga kandang di De Kuip, Rotterdam, Senin (Selasa WIB) itu, striker Memphis Depay membuat dua gol. Empat gol sisanya masing-masing dicetak Virgil van Dijk, Denzel Dumfries, Arnaut Danjuma (foto kiri) dan Donyell Malen.

Hanya saja seusai pertandingan, pelatih Lous van Gaal justru memuji selangit bintang baru Danjuma yang masuk menit 60 menggantikan Steven Berghhuis.

“Dia datang dengan cara spektakuler. Dia memiliki beberapa dribel yang bagus, tetapi rekan-rekannya belum menanggapi umpan silang kerasnya,” papar Van Gaal, Selasa (12/10).

Danjuma sendiri merasa bangga karena bisa tampil bersama De Oranje sesuai impiannya.  “Saya telah menunggu kesempatan ini selama tiga tahun,” ungkapnya.

“Saya tidak membiarkannya begitu saja, saya mampu menunjukkan diri saya dengan baik lewat sejumlah tindakan. Saya juga senang berada di papan skor,” ucap Danjuma.

Belanda tampil agresif sejak awal dengan langsung unggul pada menit sembilan lewat sundulan bek Van Dijk, meneruskan sepak pojok Depay. S

Pada menit ke-18, Belanda mendapat hadiah penalti usai Graeme Torrilla melakukan handball di kotak terlarang. Sayang eksekusi penalti Depay (foto tengah) masih bisa dimentahkan Bradley Banda.

Dua menit berselang, bomber Barcelona itu menebus kegagalannya dengan mencetak gol mudah dari jarak dekat usai menerima umpan Davy Klaassen.

Depay kembali menambah keunggulan Meneer lewat tendangan penalti setelah Julian Valarino melakukan handball di penghujung babak pertama.

Selepas jeda, tim Oranje tetap mempertahankan intensitasnya. Menit 48 aksi Lang dari sisi kiri dituntaskan dengan sundulan Dumfries di depan gawang Gibraltar hingga membuat Belanda unggul 4-0.

Belanda memperbesar keunggulan menit 75. Depay mengirimkan umpan lambung yang disundul Wout Weghorst dan bola mengarah ke Danjuma, yang menyambarnya di depan gawang tim tamu.

Pasukan Van Gaal masih belum puas mencetak gol. Weghorst mengirimkan umpan terobosan kepada Donyell Malen dan dituntaskan ke tiang jauh. Skor pun berubah 6-0 dan bertahan hingga laga usai.

Berkat hasil ini, Belanda semakin kokoh di puncak klasemen Grup G dengan poin 19. Gibraltar terpuruk pada peringkat enam dengan sama sekali belum meraih poin. (m08/afp)

  • Bagikan