Waspada
Waspada » KONI Sumut Imbau Atlet Jangan Mudik
Olahraga

KONI Sumut Imbau Atlet Jangan Mudik

KIPER Tim Futsal Pelatda PON XX Sumut Satria Yudistira menjalani suntikan kedua program vaksinasi Covid-19 oleh dr Gunawan di Gedung KONI Sumut, Jln Willem Iskandar Medan, Sabtu (8/5). Jonny Ramadhan Silalahi

MEDAN (Waspada): Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Utara mengimbau para atlet terutama yang tergabung dalam program Pelatda PON XX Papua supaya jangan mudik pada lebaran Idul Fitri tahun ini.

Imbauan demikian disampaikan Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis didampingi Kabid Medis dan Kesehatan dr Riyad Ikhsan SpKK, seusai memonitor program vaksinasi pelatih dan atlet PON XX di Gedung KONI Sumut, Jl Willem Iskandar Medan Estate, Sabtu (8/5).

“Tadi saya sudah mengimbau kepada pelatih dan atlet kita agar mematuhi kebijakan larangan mudik. Kita apresiasi keputusan pemerintah itu demi mengontrol dan membatasi penularan wabah covid-19 yang masih menghantui kita,” jelas John Lubis.

KETUM KONI Sumut John Ismadi Lubis (kanan) diskusi dengan Kabid Medis dan Kesehatan dr Riyadh Ichsan, seusai meninjau suntikan kedua vaksinasi pelatih dan atlet Pelatda PON XX Sumatera Utara, Sabtu (8/5). Jonny Ramadhan Silalahi

“Jangan sampai atlet dan pelatih kita kena virus covid-19 sekembalinya dari kampung. Atau justru mereka yang membawa virus itu ke kampung halaman masing-masing,” tambahnya.

Karena itu pula menurutnya, KONI Sumut tidak akan memberikan rekomendasi bagi para atlet untuk mudik.

“Rekomendasi hanya kita berikan kepada atlet yang berlatih di daerah dan datang ke Medan hari ini untuk vaksinasi. Kepada mereka akan kami berikan rekomendasi supaya bisa pulang ke daerahnya untuk melanjutkan program latihan di sana,” ujarnya.

Mantan Ketua Harian Pengprov IMI Sumut itu menambahkan, vaksinasi pelatih dan atlet menjadi prioritas bagi KONI Sumut sebagai pilar terdepan pemerintah dalam program pembinaan olahraga prestasi.

“Urgensi vaksinasi ini yang pertama untuk kepentingan diri sendiri. Sesuai program pemerintah, maka dengan vaksin ini diharapkan masyarakat dapat terhindar dari virus corona,” tutur John Lubis.

“Urgensi kedua, vaksinasi merupakan syarat wajib untuk mengikuti PON XX bulan Oktober mendatang. Tuan rumah Papua sudah memutuskan semua atlet, pelatih dan ofisial harus sudah divaksin, baru bisa masuk ke sana,” katanya lagi.

Untuk itu pihaknya mewajibkan kepada atlet dan pelatih yang berhalangan hadir pada Sabtu (8/5), supaya datang lagi Senin (10/5) ini di KONI Sumut, baik untuk yang baru suntik pertama maupun suntik kedua.

“Kalau pun tidak bisa juga, silahkan vaksin sendiri ke Dinas Kesehatan, Puskesmas dan sebagainya. Kalau perlu rekomendasi untuk itu, maka kita siap memberikannya,” tegas John Lubis.

Dia pun tak lupa mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H kepada seluruh insan olahraga Sumatera Utara dengan doa dan harapan semoga pandemi virus corona segera berakhir pasca lebaran. (m08)

 

 

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2