Waspada
Waspada » KONI Medan Kejar Kemenangan Di Atas 70 Persen Dalam PON 2024
Olahraga

KONI Medan Kejar Kemenangan Di Atas 70 Persen Dalam PON 2024

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Medan Eddy Sibarani (tengah duduk) saat menyampaikan keterangan pers di Hotel Garuda, Medan, Rabu (24/3/2021). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Medan Eddy Sibarani percaya bahwa atlet Sumatera Utara (Sumut) mampu meraih kemenangan di atas 70 persen dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 pada 2024 mendatang. Hal itu ia sampaikan dalam konferensi pers yang berlangsung di Hotel Garuda, Medan, Rabu (24/3/2021).

Menurut Eddy, berdasarkan pengalaman yang lalu, para atlet Kota Medan selalu menyumbang prestasi sebesar 60-70 persen.

Dan ia yakin para atlet ibu kota provinsi Sumut itu mampu melakukannya. Medan, sebagai ibu kota provinsi, saat ini tengah berbenah melakukan persiapan, termasuk menunjang prestasi para atlet.

“Untuk itu KONI Kota Medan sedang membina sekitar 600 orang atlet. Dari jumlah itu ada dua tingkatan. Tingkatan pertama untuk nasional dan internasional sebanyak kurang lebih 200 orang. Dan lapisan kedua yang diproyeksikan untuk mengikuti PON 2024 sekitar 400 orang,” ujar Eddy.

Dengan demikian, KONI Medan akan membuat program-program yang lebih intens lagi bagi para pelatih dan atlet-atletnya.

Salah satu program yang memicu kinerja dan semangat para atlet adalah sistem reward dalam bentuk asuransi kesehatan.

Hal itu dinilai dapat membuat para atlet merasa semakin percaya diri untuk tampil maksimal saat berlatih dan bertanding.

KONI Medan saat ini memiliki 45 cabang olahraga dengan total 43.000 atlet, 3.000 pelatih, dan 800 juri. Sementara, atlet Sumut yang akan berlaga di PON ke-21 mendatang berjumlah 1.600 orang.

Jika ingin mengikuti seluruh cabang olahraga, menurut Eddy, Kota Medan minimal harus menurunkan minimal 1.000 atlet guna mendukung Sumut.

Dari keterangan Eddy, Medan memiliki kans menang yang lebih besar di bidang  beladiri. Karena selama ini banyak atlet beladiri Medan yang selalu memetik kemenangan di bidang  tersebut.

Sementara untuk protokol kesehatan selama pelatihan dan persiapan menuju PON 2024, Eddy menuturkan pihaknya akan tetap menerapkan protokol 3M, yakni menjaga jarak, mengenakan masker, dan mencuci tangan.

PON ke-21 pada 2024 mendatang akan digelar di dua provinsi, yakni Sumut dan Aceh. Ini merupakan yang pertamakalinya pesta olahraga terbesar di Indonesia itu diadakan oleh dua provinsi yang menjadi tuan rumah. (m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2